Pratiwi, Anggun Fajar (2025) Pengembangan game edukasi thermo jump berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi termokimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism (6).pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (481kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan game edukasi pada materi termokimia dilandasi pemikiran, pentingnya melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan rancangan tampilan, menganalisis hasil uji validasi dan menganalisis hasil uji kelayakan game edukasi thermo jump. Metode penelitian yang digunakan merupakan Desain Based Research (DBR) dengan pendekatan ADDIE yang hanya akan menggunakan tiga tahap saja yaitu tahap analisis (Analysis), perancangan (Design), dan pengembangan (Development) dengan uji validitas dan kelayakan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu analisis konsep, peta konsep, flowchart, storyboard, lembar uji validasi, dan lembar uji kelayakan. Hasil pengembangan game thermo jump berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi dideskripsikan dengan tampilan berupa penyelesaian rintangan, mencari kotak pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang memiliki level kognitif berpikir tingkat tinggi pada materi termokimia. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa produk game edukasi thermo jump memenuhi kriteria valid dengan interpretasi tinggi mendapatkan nilai rata-rata rhitung dari semua aspek sebesar 0,86 yang lebih besar dibandingkan dengan rkritis yang telah ditetapkan sebesar 0,3. Sedangkan hasil uji kelayakan memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 88% dengan kategori layak dan hasil tersebut menunjukkan bahwa game edukasi thermo jump berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi termokimia layak diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game edukasi; kemampuan berpikir tingkat tinggi; termokimia; thermo jump |
Subjects: | Education > General Publications of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Anggun Fajar Pratiwi |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 07:59 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 07:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |