Pengembangan game edukasi thermo jump berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi termokimia

Pratiwi, Anggun Fajar (2025) Pengembangan game edukasi thermo jump berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi termokimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism (6).pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan game edukasi pada materi termokimia dilandasi pemikiran, pentingnya melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan rancangan tampilan, menganalisis hasil uji validasi dan menganalisis hasil uji kelayakan game edukasi thermo jump. Metode penelitian yang digunakan merupakan Desain Based Research (DBR) dengan pendekatan ADDIE yang hanya akan menggunakan tiga tahap saja yaitu tahap analisis (Analysis), perancangan (Design), dan pengembangan (Development) dengan uji validitas dan kelayakan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu analisis konsep, peta konsep, flowchart, storyboard, lembar uji validasi, dan lembar uji kelayakan. Hasil pengembangan game thermo jump berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi dideskripsikan dengan tampilan berupa penyelesaian rintangan, mencari kotak pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang memiliki level kognitif berpikir tingkat tinggi pada materi termokimia. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa produk game edukasi thermo jump memenuhi kriteria valid dengan interpretasi tinggi mendapatkan nilai rata-rata rhitung dari semua aspek sebesar 0,86 yang lebih besar dibandingkan dengan rkritis yang telah ditetapkan sebesar 0,3. Sedangkan hasil uji kelayakan memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 88% dengan kategori layak dan hasil tersebut menunjukkan bahwa game edukasi thermo jump berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi termokimia layak diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: game edukasi; kemampuan berpikir tingkat tinggi; termokimia; thermo jump
Subjects: Education > General Publications of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Anggun Fajar Pratiwi
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:59
Last Modified: 26 Aug 2025 07:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115989

Actions (login required)

View Item View Item