Zahra, Anggieta Aulia (2025) Penerapan model TGT (Teams Games Tournament) berbantuan ludo kimia untuk meningkatkan literasi lingkungan pada konsep minyak bumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (336kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengintegrasikan konsep kimia dengan isu-isu lingkungan, karena pembelajaran cenderung teoritis dan kurang kontekstual, sehingga menghambat perkembangan literasi lingkungan mereka. Dalam pembelajaran kimia, literasi lingkungan dapat diintegrasikan melalui topik minyak bumi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Literasi lingkungan merujuk pada penguasaan terhadap konsep-konsep lingkungan serta kesadaran akan pentingnya menjaga kelestariannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan games ludo kimia dalam meningkatkan literasi lingkungan pada konsep minyak bumi bagi peserta didik di SMA Negeri 1 Rancah, menganalisis peningkatan literasi lingkungan peserta didik terhadap penggunaan games ludo kimia sebagai media pada pembelajaran pada konsep minyak bumi untuk meningkatkan literasi lingkungan di SMA Negeri 1 Rancah. Metode yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain one group pretest-posttest dengan hasil signifikan. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas 11 MIPA dengan jumlah 34 orang. Umpan balik peserta didik dengan peneliti dengan persentase pembelajaran dalam kategori sangat baik. Instrumen yang digunakan adalah pertanyaan yang terdapat dalam permainan, tes literasi lingkungan, dan angket. Hasil belajar peserta didik dapat dilihat secara keseluruhan mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain dengan kategori tinggi. Nilai N-Gain jika dilihat dari aspek pengetahuan dan keterampilan kogitif nilai indikator N-Gain rata-ratanya 0,48 dengan kategori tinggi. Aspek sikap peserta didik terhadap lingkungan dengan rata-rata 84 dalam kategori tinggi, hal ini menunjukkan kesadaran dan kepedulian yang baik. Namun, aspek tindakan rata-rata nilainya 74 dalam kategori sedang, menandakan bahwa sikap positif tersebut belum sepenuhnya diwujudkan dalam perilaku nyata. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT (Teams Games Tournament) berbantuan ludo kimia untuk meningkatkan literasi lingkungan dapat meningkatkan empat aspek literasi lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Lingkungan; Ludo Kimia,; Model TGT(Teams Games Tournament) |
Subjects: | Education Chemistry and Allied Science > Chemists |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Anggieta Aulia Zahra |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 03:58 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 03:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |