Aryani, Ira (2025) Penerapan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARSM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (696kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki ketika belajar matematika. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sintaks kegiatan pembelajaran dengan model Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod dan mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelas dengan desain penelitian the non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil dari penelitian ini yaitu sintaks kegiatan pembelajaran model Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod berada pada kategori sangat baik dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis; Model Pembelajaran Game Based Learning; Nearpod |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ira Aryani |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 07:56 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |