Penerapan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis

Aryani, Ira (2025) Penerapan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARSM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki ketika belajar matematika. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sintaks kegiatan pembelajaran dengan model Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod dan mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelas dengan desain penelitian the non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil dari penelitian ini yaitu sintaks kegiatan pembelajaran model Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod berada pada kategori sangat baik dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan aplikasi Nearpod lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Model Pembelajaran Game Based Learning; Nearpod
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ira Aryani
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:56
Last Modified: 26 Aug 2025 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116077

Actions (login required)

View Item View Item