Pembelajaran berdiferensiasi berbantuan Flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan resiliensi matematis siswa

Uliyah, Aimmatul (2025) Pembelajaran berdiferensiasi berbantuan Flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan resiliensi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. Cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIASI)
03. Bebas Plagiarisme.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
04. Daftar Isi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
05. BAB I.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
06. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text (BAB III)
07. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB IV)
08. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text (BAB V)
09. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan resiliensi matematis siswa, sebagaimana teridentifikasi melalui studi pendahuluan yang dilakukan di salah satu sekolah di Kota Bandung. Salah satu upaya yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan adalah dengan menerapkan model pembelajaran berdiferensiasi yang dipadukan dengan teknologi digital yakni flipbook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (a) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan flipbook, (b) mengidentifikasi apakah terdapat perbedaan dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan flipbook dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (c) mengetahui perbedaan dalam peningkatan resiliensi matematis antara siswa yang melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan flipbook dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 8 Bandung, dengan sampel penelitian terdiri dari kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan; (a) Proses keterlaksanaan pembelajaran baik dari sisi guru maupun peserta didik berada dalam kategori sangat baik, (b) Terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran berdiferensiasi berbantuan flipbook dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (c) Pembelajaran berdiferensiasi berbantuan flipbook memfasilitasi proses konstruksi konsep, interaksi dan refleksi sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan resiliensi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berdiferensiasi; Berpikir Kreatif; Resiliensi Matematis; Flipbook
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Aimmatul Uliyah
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:50
Last Modified: 26 Aug 2025 07:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116078

Actions (login required)

View Item View Item