Uliyah, Aimmatul (2025) Pembelajaran berdiferensiasi berbantuan Flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan resiliensi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
01. Cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIASI)
03. Bebas Plagiarisme.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
04. Daftar Isi.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
05. BAB I.pdf Download (684kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
06. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
07. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
08. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
09. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan resiliensi matematis siswa, sebagaimana teridentifikasi melalui studi pendahuluan yang dilakukan di salah satu sekolah di Kota Bandung. Salah satu upaya yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan adalah dengan menerapkan model pembelajaran berdiferensiasi yang dipadukan dengan teknologi digital yakni flipbook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (a) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan flipbook, (b) mengidentifikasi apakah terdapat perbedaan dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan flipbook dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (c) mengetahui perbedaan dalam peningkatan resiliensi matematis antara siswa yang melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan flipbook dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 8 Bandung, dengan sampel penelitian terdiri dari kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan; (a) Proses keterlaksanaan pembelajaran baik dari sisi guru maupun peserta didik berada dalam kategori sangat baik, (b) Terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran berdiferensiasi berbantuan flipbook dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (c) Pembelajaran berdiferensiasi berbantuan flipbook memfasilitasi proses konstruksi konsep, interaksi dan refleksi sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan resiliensi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berdiferensiasi; Berpikir Kreatif; Resiliensi Matematis; Flipbook |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Aimmatul Uliyah |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 07:50 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 07:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |