Penerapan model Creative Problem Solving Berbantuan liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida statis kelas XI

Khairunnisa, Alfiyya Rizky (2025) Penerapan model Creative Problem Solving Berbantuan liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida statis kelas XI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Liveworksheet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan dan perbedaan nilai rata-rata keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkannya model CPS berbantuan Liveworksheet di kelas eksperimen dan model inkuiri terbimbing di kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik di kelas 11.8 dan kelas 11.9 yang masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Bedasarkan hasil penelitian, didapatkan keterlaksanaan model CPS berbantuan Liveworksheet dan model inkuiri terbimbing terlaksana dengan sangat baik. Rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,74 berkategori tinggi, sementara kelas kontrol sebesar 0,64 berkategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test menunjukan terdapat perbedaan nilai rata-rata keterampilan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (sig.0,002 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Liveworksheet lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dibandingkan model inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving; Keterampilan Pemecahan Masalah; Fluida Statis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Alfiyya Rizky Khairunnisa
Date Deposited: 27 Aug 2025 08:21
Last Modified: 27 Aug 2025 08:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116142

Actions (login required)

View Item View Item