Khairunnisa, Alfiyya Rizky (2025) Penerapan model Creative Problem Solving Berbantuan liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida statis kelas XI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (512kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Liveworksheet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan dan perbedaan nilai rata-rata keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkannya model CPS berbantuan Liveworksheet di kelas eksperimen dan model inkuiri terbimbing di kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik di kelas 11.8 dan kelas 11.9 yang masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Bedasarkan hasil penelitian, didapatkan keterlaksanaan model CPS berbantuan Liveworksheet dan model inkuiri terbimbing terlaksana dengan sangat baik. Rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,74 berkategori tinggi, sementara kelas kontrol sebesar 0,64 berkategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test menunjukan terdapat perbedaan nilai rata-rata keterampilan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (sig.0,002 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Liveworksheet lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dibandingkan model inkuiri terbimbing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving; Keterampilan Pemecahan Masalah; Fluida Statis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Alfiyya Rizky Khairunnisa |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 08:21 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 08:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |