Rancang bangun model pengereman otomatis untuk kendaraan menggunakan linear aktuator 12v berbasis metode fuzzy Mamdani

Makayasa, Bhakti Putra Adhi (2025) Rancang bangun model pengereman otomatis untuk kendaraan menggunakan linear aktuator 12v berbasis metode fuzzy Mamdani. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_suratpernyataankaryasendiri.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text (BAB VI)
10_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Sistem pengereman otomatis pada kendaraan listrik menghadapi tantangan dalam respons cepat dan akurasi kontrol. Penelitian ini bertujuan merancang model pengereman otomatis menggunakan linear aktuator 12V berbasis metode fuzzy Mamdani untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Metode penelitian meliputi studi literatur, perancangan algoritma fuzzy, simulasi pada aplikasi simulasi, dan implementasi prototipe dengan Arduino Uno, sensor HC-SR04, linear aktuator 12V, driver L298N, serta motor DC. Sistem mengolah data jarak, kecepatan, dan beban kendaraan untuk menentukan tingkat pengereman secara adaptif. Hasil pengujian menunjukkan perbandingan nilai fuzzy pada simulasi dan nilai fuzzy pada sistem dengan rata-rata error 4.39% untuk rem dan 4.36% untuk motor DC. Sistem menghasilkan pengereman keras pada jarak dekat, sedang pada jarak menengah, dan ringan pada jarak jauh, dengan penyesuaian kecepatan motor berdasarkan beban. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem fuzzy Mamdani efektif mengendalikan pengereman secara real-time, meningkatkan responsivitas dan keselamatan kendaraan listrik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Arduino Uno; fuzzy Mamdani; linear aktuator; motor DC; pengereman otomatis; sensor HC-SR04
Subjects: Mathematics
Applied Physics > Electrical Engineering
Applied Physics > Electronics
Other Branches of Engineering > Automatic Control Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Bhakti Putra Adhi Makayasa
Date Deposited: 27 Aug 2025 06:49
Last Modified: 27 Aug 2025 06:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116171

Actions (login required)

View Item View Item