Makayasa, Bhakti Putra Adhi (2025) Rancang bangun model pengereman otomatis untuk kendaraan menggunakan linear aktuator 12v berbasis metode fuzzy Mamdani. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_suratpernyataankaryasendiri.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (347kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
|
![]() |
Text (BAB VI)
10_bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
Abstract
Sistem pengereman otomatis pada kendaraan listrik menghadapi tantangan dalam respons cepat dan akurasi kontrol. Penelitian ini bertujuan merancang model pengereman otomatis menggunakan linear aktuator 12V berbasis metode fuzzy Mamdani untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Metode penelitian meliputi studi literatur, perancangan algoritma fuzzy, simulasi pada aplikasi simulasi, dan implementasi prototipe dengan Arduino Uno, sensor HC-SR04, linear aktuator 12V, driver L298N, serta motor DC. Sistem mengolah data jarak, kecepatan, dan beban kendaraan untuk menentukan tingkat pengereman secara adaptif. Hasil pengujian menunjukkan perbandingan nilai fuzzy pada simulasi dan nilai fuzzy pada sistem dengan rata-rata error 4.39% untuk rem dan 4.36% untuk motor DC. Sistem menghasilkan pengereman keras pada jarak dekat, sedang pada jarak menengah, dan ringan pada jarak jauh, dengan penyesuaian kecepatan motor berdasarkan beban. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem fuzzy Mamdani efektif mengendalikan pengereman secara real-time, meningkatkan responsivitas dan keselamatan kendaraan listrik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arduino Uno; fuzzy Mamdani; linear aktuator; motor DC; pengereman otomatis; sensor HC-SR04 |
Subjects: | Mathematics Applied Physics > Electrical Engineering Applied Physics > Electronics Other Branches of Engineering > Automatic Control Engineering |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro |
Depositing User: | Bhakti Putra Adhi Makayasa |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 06:49 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 06:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |