Pengaruh parent support dan academic commitment terhadap future oriented planning

Aditiya, Yoga (2025) Pengaruh parent support dan academic commitment terhadap future oriented planning. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover (4).pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN YOGA ADITIYA_121600022 (1).pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parent support dan academic commitment terhadap future oriented planning pada siswa SMA “X” Kota Bandung. Future oriented planning penting dimiliki remaja karena berkaitan dengan kesiapan merancang masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Responden berjumlah 70 siswa kelas XI SMA “X” di Bandung, menggunakan metode sensus. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner skala likert pada ketiga variabel. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara simultan, parent support dan academic commitment berpengaruh signifikan terhadap future oriented planning. Namun secara parsial, hanya academic commitment yang memiliki pengaruh signifikan (p = 0.000), sedangkan parent support tidak signifikan (p = 0.921). Temuan ini menunjukkan bahwa academic commitment merupakan faktor internal utama dalam mendorong siswa memiliki rencana masa depan yang jelas. Sementara itu, parent support tidak cukup kuat pengaruhnya jika tidak didukung academic commitment yang tinggi. Hasil ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi sekolah dan orang tua untuk mengembangkan strategi dukungan dan intervensi yang relevan dalam membentuk perencaan masa depan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: academic commitment; future oriented planning; parent support
Subjects: Education, Research
Applied Psychology
Applied Psychology > Systems and Schools of Applied Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Yoga Yoga Aditiya
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:54
Last Modified: 28 Aug 2025 06:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116176

Actions (login required)

View Item View Item