Pengaruh iklim organisasi terhadap disiplin kerja tenaga pendidik dan kependidikan: penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Tasikmalaya

Agustin, Putri Aulia (2025) Pengaruh iklim organisasi terhadap disiplin kerja tenaga pendidik dan kependidikan: penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di era modern menuntut terciptanya lingkungan kerja yang kondusif bagi tenaga pendidik dan kependidikan, karena keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya bergantung pada kompetensi individu, tetapi juga pada iklim organisasi yang mendukung. Iklim organisasi yang positif ditandai dengan komunikasi terbuka, kejelasan peran, dukungan manajerial, serta hubungan kerja yang harmonis. Sebaliknya, iklim organisasi yang kurang kondusif atau kurangnya dukungan terhadap pengembangan profesional dapat berdampak pada rendahnya kedisiplinan kerja. Rendahnya disiplin kerja tercermin dari keterlambatan hadir, ketidakteraturan dalam melaksanakan tugas administrasi, serta kurangnya kepatuhan terhadap aturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan iklim organisasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Tasikmalaya; (2) mendeskripsikan disiplin kerja tenaga pendidik dan kependidikan; dan (3) menganalisis pengaruh iklim organisasi terhadap disiplin kerja tenaga pendidik dan kependidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada responden 46 tenaga pendidik dan 52 tenaga kependidikan di MAN 2 Tasikmalaya. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sedangkan instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji t, serta perhitungan koefisien determinasi untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap disiplin kerja. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh positif terhadap disiplin kerja tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Tasikmalaya, dengan nilai konstanta sebesar 32,664 dan koefisien regresi 0,362. Uji parsial (uji t) menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan thitung 6,819 > ttabel 1,984, yang mengindikasikan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,326 menunjukkan bahwa 32,6% variasi disiplin kerja dapat dijelaskan oleh iklim organisasi, sementara sisanya 67,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Iklim Organisasi; Disiplin Kerja; Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Aulia Agustin
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:12
Last Modified: 27 Aug 2025 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116180

Actions (login required)

View Item View Item