Hikmah, Wulan Nur (2025) Penerapan metode jibril dalam pembelajaran Al-Qur'an untuk meningkatkan pemahaman tajwid siswa : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas XI SMA Karya Pembangunan 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
3_SkBebasPlagiarism.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
4_DaftarIsi.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
5_Bab1.pdf Download (394kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman tajwid siswa kelas XI SMA Karya Pembangunan 2 Bandung pada pembelajaran Al-Qur’an. Hal ini diperkuat oleh hasil observasi yang menunjukan bahwa ketika proses pembelajaran berlangsung, saat guru bertanya mengenai hukum tajwid yang terdapat pada ayat, hanya beberapa siswa yang mampu menjawab pertanyaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan metode Jibril pada pembelajaran Al-Qur’an di kelas XI IPA SMA Karya Pembangunan 2 Bandung (2) Pemahaman tajwid siswa setelah diterapkan metode Jibril pada pembelajaran Al Qur’an di kelas XI IPA SMA Karya Pembangunan 2 Bandung (3) Pengaruh penerapan metode Jibril terhadap pemahaman tajwid siswa pada pembelajaran Al-Qur’an di kelas XI IPA SMA Karya Pembangunan 2 Bandung. Metode Jibril adalah salah satu metode yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa mengenai ilmu tajwid karena metode ini berpusat pada guru, dengan kedudukan guru sebagai sumber belajar atau pusat informasi dalam proses pembelajaran. Dalam penerapannya terdapat empat tahap yaitu Tahqiq, Talqin/Talaqqi, Taqlid dan Tashih, yang terakhir adalah Taqrir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, wawancaara dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain, dan uji hipotesis statistik non parametrik dengan uji Mann Whittney U Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penerapan metode Jibril di Kelas XI SMA Karya Pembangunan 2 Bandung terlaksana dengan Baik dengan presentase keterlaksanaan 98%. (2) Pemahaman tajwid siswa kelas XI IPA SMA Karya Pembangunan 2 Bandung pada pembelajaran Al-Qur’an setelah diterapkan metode jibril mengalami peningkatan, dibuktikan dengan rata-rata nilai sebesar 85,83 dan hasil N Gain sebesar 0,56 yang termasuk dalam kategori sedang (3)Terdapat pengaruh penerapan metode jibril terhadap pemahaman tajwid siswa Kelas XI IPA SMA Karya Pembangunan 2 Bandung yang dibuktikan dengan hasil uji mann whittney U Test memperoleh nilai Asymp.Sig.(2 Tailed) <0,001 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 sehingga hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Jibril ; Al-Qur'an ; Tajwid |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wulan Wulan Hikmah |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 06:42 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 06:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |