Nailan, Akhmaliah Siti (2025) Pengaruh adaptive leadership kepala madrasah dan self efficacy terhadap kinerja guru: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pernyataan (2).pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (641kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (961kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kinerja guru merupakan kunci peningkatan mutu pendidikan di madrasah, namun masih dihadapkan pada tantangan seperti rendahnya nilai Uji Kompetensi Guru (UKG), beban administratif, dan keterbatasan penguasaan teknologi. MAN 1 dan MAN 2 Kabupaten Bandung mengalami beberapa kendala yaitu masih terdapat guru yang belum tersertifikasi dan mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas profesional. Peningkatan kinerja guru secara berkelanjutan dipengaruhi oleh kemampuan kepala madrasah dalam memimpin secara adaptif dan oleh kepercayaan diri guru (self-efficacy). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh adaptive leadership kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAN se-Kabupaten Bandung; 2) menganalisis pengaruh self efficacy terhadap kinerja di MAN se-Kabupaten Bandung; dan 3) menganalisis pengaruh adaptive leadership kepala madrasah dan self efficacy terhadap kinerja guru di MAN se-Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan kepada kerangka berpikir dari teori Travis Bradberry & Jean Greaves yang mengemukakan bahwa dimensi adaptive leadership yaitu kecerdasan emosi, keadilan organisasi, karakter dan pengembangan. Teori self efficacy menurut Bandura meliputi dimensi tingkatan, keluasan, dan kekuatan. Teori kinerja guru menurut Mitchell meliputi dimensi kualitas pekerjaan, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan, dan komunikasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan sumber data berasal dari 84 guru di Madrasah Aliyah Negeri yang tersebar di Kabupaten Bandung. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian dianalisis secara statistik, dimulai dengan uji validitas dan reliabilitas, dilanjutkan dengan uji prasyarat seperti normalitas dan homogenitas. Langkah terakhir melakukan uji hipotesis yang mencakup koefisien determinasi, analisis regresi sederhana, serta regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel-variabel yang diteliti. Pertama, adaptive leadership kepala madrasah (X1) memberikan pengaruh terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,190 atau setara dengan 19%. Kedua, self-efficacy (X2) menunjukkan pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja guru (Y), yaitu sebesar 0,392 atau 39,2%. Ketiga, secara simultan, kedua variabel tersebut adaptive leadership kepala madrasah (X1) dan self efficacy (X2) memiliki pengaruh yang kuat terhadap kinerja guru (Y) dengan kontribusi sebesar 0,676 atau 67,6%. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya peran kepemimpinan adaptif dan penguatan self-efficacy guru sebagai dasar pengambilan kebijakan peningkatan kualitas kinerja guru di madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adaptive Leadership; Self Efficacy; Kinerja Guru |
Subjects: | Islam > Islamic Leaders Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Akmaliah Siti Nailan |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 07:14 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 07:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |