Widiastuti, Irmayanti (2025) Penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Crocodile Chemistry untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi laju reaksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (771kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (323kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan crocodile chemistry untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi laju reaksi di SMAN 1 Batujajar dan menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif pada penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan crocodile chemistry di Penelitian SMAN 1 Batujajar. Metode yang digunakan adalah desain one group pretest-posttest dengan 43 siswa kelas 11 MIPA. Instrumen yang digunakan adalah lembar kerja peserta didik dan perangkat test kognitif. Berdasarkan hasil analisis dari aktivitas peserta didik dalam kategori sangat baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,001 yang mengindikasikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terjadi peningkatan hasil belajar kognitif secara signifikan. Peningkatan hasil belajar kognitif pada level kognitif menerapkan dengan kategori tinggi nilai rata-ratanya sebesar 0,72 namun pada level kognitif menganalisis dan mengevaluasi dengan kategori sedang nilai rata-ratanya sebesar 0,44 dan 0,42. Dengan demikian penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan crocodile chemistry dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Crocodile Chemistry; Hasil Belajar Kognitif; Laju Reaksi; PBM. |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | irmayanti widiastuti |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 07:46 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 07:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |