Penerapan model pembelajaran picture and picture berbantu media baamboozle untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam : Penelitian kuasi eksperimen di kelas XI IPA MA Ar-Rosyidiah, Kota Bandung

Hasna, Nabila Nur Faridatil (2025) Penerapan model pembelajaran picture and picture berbantu media baamboozle untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam : Penelitian kuasi eksperimen di kelas XI IPA MA Ar-Rosyidiah, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kerap dihadapkan pada tantangan rendahnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Banyak siswa menunjukkan sikap pasif, mengalami kejenuhan, serta memandang SKI sebagai mata pelajaran yang hanya berorientasi pada hafalan dan kurang memiliki relevansi dengan kehidupan nyata. Kondisi tersebut menuntut adanya inovasi strategi pembelajaran yang mampu menghidupkan suasana kelas, menumbuhkan minat belajar, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Picture and Picture berbantu media Baamboozle dalam proses pembelajaran mata pelajaran SKI, menganalisis kemampuan pemahaman siswa MA Ar-Rosyidiyah kelas XI IPA terhadap mata pelajaran SKI sebelum diterapkannya model tersebut, serta mengukur pengaruh penerapan model pembelajaran Picture and Picture berbantu media Baamboozle terhadap peningkatan pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design, yaitu desain penelitian dengan kelompok kontrol yang tidak sepenuhnya setara, yang melibatkan siswa kelas XI IPA MA Ar-Rosyidian sebagai subjek penelitian. Instrumen berupa tes pemahaman yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Picture and Picture berbantu media Baamboozle pada mata pelajaran SKI materi Gerakan Pembaruan Islam di Indonesia di kelas XI IPA MA Ar-Rosyidiah berjalan efektif. Pembelajaran menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan mendorong siswa untuk lebih aktif, sehingga pemahaman terhadap materi meningkat. (2) Sebelum penerapan model pembelajaran, pemahaman siswa masih tergolong rendah hingga sedang. Namun setelah diterapkan model Picture and Picture berbantu Baamboozle, terjadi peningkatan pemahaman yang signifikan, terlihat dari perbedaan hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran terbukti signifikan terhadap hasil belajar siswa. Uji N-Gain menunjukkan skor 0,7323 dengan kategori tinggi, sedangkan hasil uji Mann-Whitney U dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 menegaskan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Picture and Picture; Baamboozle; pemahaman siswa; SKI
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabila Nur faridatil Hasna
Date Deposited: 28 Aug 2025 03:09
Last Modified: 28 Aug 2025 03:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116428

Actions (login required)

View Item View Item