Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis aplikasi construct 2 untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self regulated learning siswa

Andriyana, Andriyana (2025) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis aplikasi construct 2 untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self regulated learning siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (893kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran menggunakan aplikasi Construct 2 guna meningkatkan pemahaman matematis dan self regulated learning siswa. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini berfokus pada empat aspek utama, yaitu proses pengembangan, validitas produk, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa produk tergolong valid. Kepraktisan dibuktikan melalui respons positif dari guru dan siswa selama implementasi. Efektivitas produk ditunjukkan melalui peningkatan hasil belajar siswa dalam pemahaman matematis dan self regulated learning berdasarkan perbandingan hasil pretest dan posttest. Temuan ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, media ini layak dijadikan sebagai alat pembelajaran inovatif dan interaktif untuk mendukung keterlibatan dan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Andriyana Andriyana Andriyana
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:41
Last Modified: 08 Sep 2025 03:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116599

Actions (login required)

View Item View Item