Andriyana, Andriyana (2025) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis aplikasi construct 2 untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self regulated learning siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (893kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran menggunakan aplikasi Construct 2 guna meningkatkan pemahaman matematis dan self regulated learning siswa. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini berfokus pada empat aspek utama, yaitu proses pengembangan, validitas produk, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa produk tergolong valid. Kepraktisan dibuktikan melalui respons positif dari guru dan siswa selama implementasi. Efektivitas produk ditunjukkan melalui peningkatan hasil belajar siswa dalam pemahaman matematis dan self regulated learning berdasarkan perbandingan hasil pretest dan posttest. Temuan ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, media ini layak dijadikan sebagai alat pembelajaran inovatif dan interaktif untuk mendukung keterlibatan dan pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Andriyana Andriyana Andriyana |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:41 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 03:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |