Pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kemampuan sosial emosional anak usia dini

Asiyah, Aas (2025) Pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kemampuan sosial emosional anak usia dini. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
WhatsApp Image 2025-10-01 at 00.12.00_021b9388 (2).pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
bab 111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
bab 1111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
bab 11111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran (59).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada saat observasi awal di kelompok B RA Al-Wafi dimana Sosial Emosional anak belum berkembang secara optimal. Sebagian besar anak kelompok B belum mampu bersosial baik dengan teman sebayanya. Hal ini disebabkan kurangnya metode yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaranya karena masih menggunakan metode klasikal. Dengan permasalahan ini maka penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kemampuan sosial emosional anak usia dini di Kelompok B1 dan B2 RA Al-Wafi Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) kemampuan sosial emosional anak usia dini (kelas eksperimen); (2) kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui metode bernyanyi (kelas kontrol); (3) Perbandingan kemampuan sosial emosional antara metode proyek dengan metode bernyanyi anak usia dini di Kelompok B RA Al-Wafi Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Kemampuan sosial emosional anak usia dini mecakup keterampilan anak dalam mengenali, memahami, dan mengelola emosi, sekaligus membangun interaksi dengan orang lain. Perkembangan sosial emosional anak usia dini dapat terpengaruh melalui metode proyek, yang terbukti sebagai pendekatan efektif dalam mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan regulasi emosi, serta mendorong kreativitas dan imajinasi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental. Teknik pengumpulkan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Responden pada penelitian ini berjumlah 25 anak. 12 anak kelas B1 sebagai kelas kontrol dan 13 anak kelas B2 sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan sosial emosional anak usia dini sebelum menggunakan metode proyek (kelompok eksperimen) memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 51 (kurang) dan sesudah menggunakan metode proyek diperoleh nilai rata-rata 89 (sangat baik) pada posttest. Sedangkan kemampuan sosial emposional anak usia dini sebelum menggunakan metode bernyanyi (kelompok kontrol) memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 52 (kurang) dan sesudah menggunakan metode bernyanyi nilai rata-ratanya 78 (baik) pada posttest. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung 3,879 ttabel 2,069. Dengan demikian hipotesis H_O ditolak dan H_a diterima. Artinya dapat disimpulkan bahwa metode proyek berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan sosial emosional anak usia dini di Kelompok B1 dan B2 RA Al-Wafi Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Proyek; Sosial Emosional
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Aas Asiyah
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:58
Last Modified: 01 Oct 2025 07:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116681

Actions (login required)

View Item View Item