Pembelajaran model Predict-Observe-Explain (POE) berbantu virtual lab olabs terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi terintegrasi nilai-nilai keislaman

Dhuha, Yumna Ananta (2025) Pembelajaran model Predict-Observe-Explain (POE) berbantu virtual lab olabs terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi terintegrasi nilai-nilai keislaman. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SK Plariagrisme.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (783kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki pada abad ke-21 ini. Mengintegrasikan nilai-nilai keislaman pada pembelajaran materi sistem ekskresi dengan menyisipkan penggalan ayat Al-Qur’an hadits. Penelitian bertujuan menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan model Predict-Observe-Explain berbantu virtual lab olabs pada materi sistem ekskresi terintegrasi nilai-nilai keislaman. Quasi experimental jenis desain non-equivalent control group menerapkan pada dua kelas XI Biologi Peminatan. Teknik purposive sampling dengan subjek penelitian yaitu kelas XI Biologi Peminatan Sesi 1 sebanyak 22 siswa dan sesi 2 sebanyak 20 siswa. Instrumen berupa soal pilihan ganda beralasan dengan indikator persentase kriteria Interpretation, Analysis, Inference, Evaluating, Explanation, dan Self-regulation. Analisis data menggunakan persentase kriteria tingkat keterampilan berpikir kritis siswa. Data hasil keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen berupa nilai rata-rata yaitu pretest 82 dan posttest 86, sedangkan nilai rata-rata pretest 80 dan posttest 82 kelas reguler yaitu. Capaian keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen yang signifikan pada indikator evaluating dengan selisih persentase 11% antara pretest dan posttest, sedangkan kelas regular selisih 15%. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil keterampilan berpikir kritis siswa siswa kelas eksperimen dan kelas reguler. Penelitian ini menunjukan efektivitas model POE berbantu virtual lab dalam mengasah keterampilan berpikir kritis, tetapi juga memberikan kerangka kerja baru dalam pembelajaran sains dengan mengintegrasikan nilai keislaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Model POE; Virtual Lab Olabs; Keterampilan Berpikir Kritis; Sistem Ekskresi; Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Yumna Ananta Dhuha
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:23
Last Modified: 01 Sep 2025 06:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116812

Actions (login required)

View Item View Item