Pengaruh penggunaan media ebook interaktif terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini: Penelitian pre-eksperimen pada kelompok A RA Al-Ihsan, Cibiru Hilir, Kab. Bandung

Marcella, Anggun (2025) Pengaruh penggunaan media ebook interaktif terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini: Penelitian pre-eksperimen pada kelompok A RA Al-Ihsan, Cibiru Hilir, Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait kemampuan anak usia dini dalam mengenal lambang bilangan yang dinilai masih tergolong dalam kategori cukup. Hal ini terlihat dari banyaknya anak yang hanya mengenal angka sebatas hafalan tanpa memahami konsep dasarnya, masih keliru dalam menyebutkan lambang bilangan, kesulitan mengurutkan jumlah bilangan, serta belum mampu menghubungkan jumlah benda dengan lambang bilangannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berupaya menggunakan media ebook sebagai sarana pembelajaran untuk mengenalkan lambang bilangan guna mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) Kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini di Kelompok A RA Al-Ihsan sebelum menggunakan media ebook interaktif, (2) Kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini di Kelompok A RA Al-Ihsan setelah menggunakan media ebook interaktif, (3) Pengaruh media ebook interaktif terhadap kemampuan mengenal lambang bilangana anak usia dini di Kelompok A RA Al-Ihsan, Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Ebook interaktif sebagai media pembelajaran merupakan media yang berisi bermacam konten pembelajaran, tidak hanya tulisan namun dapat disertai juga dengan media audio visual dan juga video yang dapat disesuaikan dengan tujuan dan sasaran pembelajaran. Ebook interaktif memberikan pengalaman belajar yang baru, karena anak dapat berpartisipasi langsung dalam proses pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif melalui pre-experimental design one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini terdiri dari 19 anak Kelompok A RA Al-Ihsan Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi data terstruktur. Data yang diperoleh dari hasil observasi tersebut dianalisis secara kuantitatif yang melibatkan perbandingan skor antara pretest dan posttest. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini di Kelompok A RA Al-Ihsan sebelum diberlakukan treatment (menggunakan media ebook interaktif) memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 67, yang termasuk dalam kategori cukup. Adapun kemampuan mengenal lambang bilangan anak setelah diberlakukan treatment memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 80 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis uji t menunjukkan nilai thitung senilai 9,70 yang lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1,734. Dengan demikian, hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan media ebook interaktif terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini di Kelompok A RA Al-Ihsan, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media ebook interaktif; kemampuan simbolik; kemampuan mengenal lambang bilangan; anak usia dini
Subjects: Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Anggun Marcella
Date Deposited: 01 Sep 2025 03:42
Last Modified: 01 Sep 2025 03:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116818

Actions (login required)

View Item View Item