Rahmaniya, Ghina Alifah (2025) Penerapan Game-Based Learning berbantuan quizlet untuk meningkatkan kemampuan berpikir lateral dan Self Regulated siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (590kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan game-based learning berbantuan quizlet menjadi inovasi pembelajaran yang efektif dalam mendorong peningkatan kemampuan berpikir lateral dan self regulated siswa. Melalui suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan berbasis teknologi, siswa terdorong untuk mengeksplorasi berbagai strategi pemecahan masalah secara kreatif sekaligus mengelola proses belajarnya secara mandiri. Namun, rendahnya kemampuan berpikir lateral dan sikap belajar mandiri siswa dalam pembelajaran matematika, serta kurangnya penggunaan model pembelajaran inovatif yang melibatkan teknologi menjadi tantangan dalam praktiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan game-based learning berbantuan quizlet untuk meningkatkan kemapuan berpikir lateral dan self regulated siswa. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di kabupaten Bandung dengan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain tiga kelompok, yaitu dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk aspek kognitif, serta angket untuk mengukur self regulated. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model game-based learning berbantuan quizlet terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kedua aspek tersebut dibandingkan model game-based learning tanpa media dan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, integrasi model game-based learning dan media quizlet dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran inovatif dalam pembelajaran matematika untuk mendorong keterlibatan aktif, kreativitas, serta kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game-based learning; kemampuan berpikir lateral; quizlet; self regulated |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ghina Alifah |
Date Deposited: | 31 Aug 2025 23:38 |
Last Modified: | 31 Aug 2025 23:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |