Padilah, Hamidah Nur (2025) Pengembangan media pembelajaran E-Comic Strip dengan berbantuan StoryboardThat untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (705kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Comic Strip yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangkan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian melibatkan beberapa validator (ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa) yang terdiri dari dosen pendidikan matematika, tenaga pendidik mata pelajaran matematika dan bahasa indonesia, serta peserta didik kelas VIII. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif, dengan instrumen berupa nontes (lembar wawancara, lembar observasi keterlaksanaan media pembelajaran, angket) dan tes. Hasil penelitian yaitu : (1) untuk uji validasi secara media menunjukkan kategori sangat layak, pada materi menunjukkan kategori layak dan sangat layak, dan untuk bahasa menunjukkan kategori sangat layak; (2) berdasarkan uji kepraktisan, pada uji coba skala kecil menunjukkan kategori sangat praktis dan uji coba skala besar dengan kategori praktis; (3) pada uji keefektifan melalui pehitungan nilai Effect Size, menunjukkan bahwa persentase tingkat keefektifan mendapatkan kategori sangat efektif. Dengan demikian, Media Pembelajaran E-Comic Strip ini dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; E-Comic Strip; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hamidah Nur Padilah |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 04:31 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 04:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |