Febrianti, Dilla Ayu (2025) Penerapan model pembelajaran modified free inquiry berbantuan media teachmint untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
1212070026_Dilla Ayu Febrianti_pernyataan karya ilmiah (1).pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (344kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (967kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi kunci yang sangat diperlukan di abad ke-21. Meskipun demikian, realita di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik masih berada pada tingkat yang relatif rendah, terutama pada jenjang pendidikan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran modified free inquiry dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran menggunakan model modified free inquiry. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di salah satu SMAN yang berada di daerah Batujaya Karawang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal keterampilan berpikir kritis berdasarkan indikator Ennis yaitu merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi, melakukan induksi, melakukan evaluasi, serta memutuskan dan melaksanakan keputusan. Analisis data dilakukan melalui perhitungan keterlaksanaan model pembelajaran melalui lembar observasi, N-Gain, dan uji Mann-Whitney. Hasil menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran berada dalam kategori sangat baik, dengan rata-rata aktivitas guru 96% dan peserta didik 87%. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi (0,00 ≤ 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,80 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,47 (kategori sedang). Dengan demikian, model modified free inquiry efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gelombang cahaya; keterampilan berpikir kritis; modified free inquiry; teachmint |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dilla Ayu Febrianti |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 06:39 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 06:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |