Penerapan model pembelajaran modified free inquiry berbantuan media teachmint untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya

Febrianti, Dilla Ayu (2025) Penerapan model pembelajaran modified free inquiry berbantuan media teachmint untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1212070026_Dilla Ayu Febrianti_pernyataan karya ilmiah (1).pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi kunci yang sangat diperlukan di abad ke-21. Meskipun demikian, realita di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik masih berada pada tingkat yang relatif rendah, terutama pada jenjang pendidikan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran modified free inquiry dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran menggunakan model modified free inquiry. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di salah satu SMAN yang berada di daerah Batujaya Karawang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal keterampilan berpikir kritis berdasarkan indikator Ennis yaitu merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi, melakukan induksi, melakukan evaluasi, serta memutuskan dan melaksanakan keputusan. Analisis data dilakukan melalui perhitungan keterlaksanaan model pembelajaran melalui lembar observasi, N-Gain, dan uji Mann-Whitney. Hasil menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran berada dalam kategori sangat baik, dengan rata-rata aktivitas guru 96% dan peserta didik 87%. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi (0,00 ≤ 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,80 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,47 (kategori sedang). Dengan demikian, model modified free inquiry efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gelombang cahaya; keterampilan berpikir kritis; modified free inquiry; teachmint
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dilla Ayu Febrianti
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:39
Last Modified: 01 Sep 2025 06:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116915

Actions (login required)

View Item View Item