Penerapan model Confluent Education berbantuan aplikasi Classdojo untuk meningkatkan kemampuan penalaran adaptif dan persistence matematis

Syihada, Ghefira Nur (2025) Penerapan model Confluent Education berbantuan aplikasi Classdojo untuk meningkatkan kemampuan penalaran adaptif dan persistence matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER_Ghefira Nur Syihada.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Ghefira Nur Syihada.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
SK BEBAS PLAGIARISM_Ghefira Nur Syihada .pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DARTAR ISI)
DAFTAR ISI_Ghefira Nur Syihada.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I_Ghefira Nur Syihada.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II_Ghefira Nur Syihada.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_Ghefira Nur Syihada.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_Ghefira Nur Syihada (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V_Ghefira Nur Syihada.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Ghefira Nur Syihada.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_Ghefira Nur Syihada.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Model confluent education secara efektif mengintegrasikan aspek kognitif dan afektif, sementara aplikasi Classdojo mendorong interaksi positif dan keterlibatan emosional. Namun, banyak siswa kesulitan dengan masalah yang membutuhkan pemikiran fleksibel dan penalaran yang kuat, sehingga membatasi kemampuan penalaran adaptif dan persistence matematis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model confluent education yang dibantu oleh Classdojo dalam meningkatkan penalaran adaptif dan persistence matematika siswa, serta untuk mengkaji pengaruh perbedaan gender. Desain kuasi eksperimen yang digunakan yaitu non-equivalent pretest-posttest control group, yang melibatkan tiga kelas VII di sebuah SMP di Kabupaten Bandung: kelas eksperimen 1 (confluent education dengan Classdojo), kelas eksperimen 2 (confluent education), dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Instrumen yang digunakan meliputi tes penalaran adaptif dan angket persistence matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas eksperimen mencapai peningkatan yang lebih besar dalam penalaran adaptif dibandingkan dengan kelas kontrol. Namun, tidak ditemukan perbedaan yang signifikan dalam peningkatan persistence matematika antara kedua kelas eksperimen. Selain itu, perbedaan gender tidak memengaruhi peningkatan penalaran adaptif secara signifikan. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa model confluent education, terutama jika didukung oleh Classdojo, dapat meningkatkan penalaran adaptif, meskipun pengaruhnya terhadap persistence matematika dan perbedaan berbasis gender masih terbatas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Classdojo; Kemampuan Penalaran Adaptif; Model Confluent Education; Persistence Matematis
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ghefira Nur Syihada
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:16
Last Modified: 01 Sep 2025 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116983

Actions (login required)

View Item View Item