Syihada, Ghefira Nur (2025) Penerapan model Confluent Education berbantuan aplikasi Classdojo untuk meningkatkan kemampuan penalaran adaptif dan persistence matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER_Ghefira Nur Syihada.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Ghefira Nur Syihada.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
SK BEBAS PLAGIARISM_Ghefira Nur Syihada .pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text (DARTAR ISI)
DAFTAR ISI_Ghefira Nur Syihada.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I_Ghefira Nur Syihada.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II_Ghefira Nur Syihada.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III_Ghefira Nur Syihada.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV_Ghefira Nur Syihada (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V_Ghefira Nur Syihada.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Ghefira Nur Syihada.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_Ghefira Nur Syihada.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Model confluent education secara efektif mengintegrasikan aspek kognitif dan afektif, sementara aplikasi Classdojo mendorong interaksi positif dan keterlibatan emosional. Namun, banyak siswa kesulitan dengan masalah yang membutuhkan pemikiran fleksibel dan penalaran yang kuat, sehingga membatasi kemampuan penalaran adaptif dan persistence matematis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model confluent education yang dibantu oleh Classdojo dalam meningkatkan penalaran adaptif dan persistence matematika siswa, serta untuk mengkaji pengaruh perbedaan gender. Desain kuasi eksperimen yang digunakan yaitu non-equivalent pretest-posttest control group, yang melibatkan tiga kelas VII di sebuah SMP di Kabupaten Bandung: kelas eksperimen 1 (confluent education dengan Classdojo), kelas eksperimen 2 (confluent education), dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Instrumen yang digunakan meliputi tes penalaran adaptif dan angket persistence matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas eksperimen mencapai peningkatan yang lebih besar dalam penalaran adaptif dibandingkan dengan kelas kontrol. Namun, tidak ditemukan perbedaan yang signifikan dalam peningkatan persistence matematika antara kedua kelas eksperimen. Selain itu, perbedaan gender tidak memengaruhi peningkatan penalaran adaptif secara signifikan. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa model confluent education, terutama jika didukung oleh Classdojo, dapat meningkatkan penalaran adaptif, meskipun pengaruhnya terhadap persistence matematika dan perbedaan berbasis gender masih terbatas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Classdojo; Kemampuan Penalaran Adaptif; Model Confluent Education; Persistence Matematis |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ghefira Nur Syihada |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:16 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |