Hubungan manajemen kelas berbasis segregasi gender dengan kinerja guru : Penelitian di SMPS 2 Al-Muhajirin Purwakarta dan MTs. Madrasah Adabiyah Islamiyah Purwakarta

Hasanudin, Syifani Auliya (2025) Hubungan manajemen kelas berbasis segregasi gender dengan kinerja guru : Penelitian di SMPS 2 Al-Muhajirin Purwakarta dan MTs. Madrasah Adabiyah Islamiyah Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
03_skbebasplagiarism.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
5_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya ditentukan oleh kurikulum dan sarana pendukung, tetapi juga oleh efektivitas manajemen kelas. Menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sekolah yang menerapkan pendekatan segregasi gender cenderung melaporkan tingkat disiplin siswa yang lebih tinggi sebesar 25% dibandingkan sekolah yang tidak memisahkan siswa berdasarkan gender. Namun Segregasi gender dalam manajemen kelas juga berimplikasi langsung terhadap kinerja guru. Guru yang mengajar di kelas segregasi gender perlu memiliki kemampuan tambahan dalam memahami karakteristik siswa berdasarkan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana hubungan antara manajemen kelas berbasis segregasi gender dengan kinerja guru. Penelitian dilakukan di dua sekolah menengah pertama swasta di Purwakarta, yaitu SMPS 2 Al-Muhajirin dan MTs. Madrasah Adabiyah Islamiyah, yang menerapkan sistem kelas terpisah antara siswa laki-laki dan perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Data diperoleh melalui penyebaran angket kepada guru, wawancara, serta dokumentasi.. Data pada penelitian ini diperoleh melalui hasil penyebaran angket dengan menggunakan model skala likert yang terdiri dari empat alternatif pilihan jawaban yang diberikan kepada 89 responden sebagaimana populasi dan sampel pada penelitian ini. Teknik analisis data pada peneltian ini berupa uji instrumen data (validitas, realibilitas dan analisis parsial perindikator), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas dan uji korelasi), uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Kelas berbasis Segegasi Gender memperoleh hasil dengan rata-rata sebesar sebesar 3,06 berada dalam kategori tinggi dan Kinerja Guru juga termasuk kedalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 2,95. Hasil analisis korelasi Pearson menunjukkan nilai signifikansi statistik yang kuat < 0,001 dengan koefisien korelasi sebesar 0,533 (kategori sedang, positif). Hal ini berarti semakin baik penerapan manajemen kelas dengan pendekatan segregasi gender, maka cenderung semakin tinggi pula kinerja guru. Selain itu, hasil uji koefisien determinasi (R²) sebesar 28,4% menunjukkan bahwa dari variasi atau perubahan dalam kinerja guru dapat dijelaskan oleh penerapan manajemen kelas berbasis segregasi gender, sementara 71,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas; Segregasi Gender; Kinerja Guru
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Secondary Education > Lower Level Secondary School
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syifani Auliya Hasanudin
Date Deposited: 01 Sep 2025 15:40
Last Modified: 01 Sep 2025 15:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117024

Actions (login required)

View Item View Item