Pengaruh rekrutmen peserta didik baru terhadap pengelolaan pendidikan : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah Al-Musdariyah Kabupaten Bandung

Barokah, Putri (2025) Pengaruh rekrutmen peserta didik baru terhadap pengelolaan pendidikan : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah Al-Musdariyah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Lembar Pernyataan Karya Ilmiah.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
nilai skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)

Abstract

Rekrutmen peserta didik baru merupakan proses awal yang krusial dalam penyelenggaraan pendidikan karena menentukan arah kebijakan dan efektivitas pengelolaan pendidikan. Dalam konteks persaingan antar lembaga pendidikan, keberhasilan rekrutmen mencerminkan daya saing dan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara sistematis bagaimana pelaksanaan rekrutmen peserta didik baru yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah Al-Musdariyah Kabupaten Bandung, serta menganalisis bagaimana bentuk pengelolaan pendidikan yang dijalankan di ketiga jenjang tersebut. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji pengaruh rekrutmen peserta didik baru terhadap pengelolaan pendidikan secara keseluruhan, terutama dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini berupaya mengungkap sejauh mana strategi rekrutmen yang dilaksanakan mampu memberikan kontribusi terhadap efektivitas manajerial pendidikan di lingkungan Madrasah Al-Musdariyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi dengan responden sebanyak 45 tenaga pendidik dan kependidikan. Teknik analisis data yang diterapkan meliputi uji validitas, uji realibiitas,uji analisis dekriptif statistik, analisis persial per indikator, uji normalitas, uji linearitas, Berdasarkan hasil pengujian secara statistik, bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan mengenai Rekrutmen peserta didik baru, hasil perhitungan yang di peroleh nilai rata-rata 4,29 termasuk pada rentang 4,20 – 5,00, maka indikator Rekutmen Peserta didik Baru dapat kategori Sangat Tinggi. Sedangkan mengenai Pengelolaan Pendidikan diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,30 dengan rentang 4,20- 5,00 maka dapat disimpulkan bahwa indikator Pengelolaan Pendidikan pada kategori Sangat Tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen Peserta Didik Baru, Pengelolaan Pendidikan, Madrasah
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Barokah
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:04
Last Modified: 03 Sep 2025 07:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117032

Actions (login required)

View Item View Item