Barokah, Putri (2025) Pengaruh rekrutmen peserta didik baru terhadap pengelolaan pendidikan : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah Al-Musdariyah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Lembar Pernyataan Karya Ilmiah.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
nilai skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
Abstract
Rekrutmen peserta didik baru merupakan proses awal yang krusial dalam penyelenggaraan pendidikan karena menentukan arah kebijakan dan efektivitas pengelolaan pendidikan. Dalam konteks persaingan antar lembaga pendidikan, keberhasilan rekrutmen mencerminkan daya saing dan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara sistematis bagaimana pelaksanaan rekrutmen peserta didik baru yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah Al-Musdariyah Kabupaten Bandung, serta menganalisis bagaimana bentuk pengelolaan pendidikan yang dijalankan di ketiga jenjang tersebut. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji pengaruh rekrutmen peserta didik baru terhadap pengelolaan pendidikan secara keseluruhan, terutama dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini berupaya mengungkap sejauh mana strategi rekrutmen yang dilaksanakan mampu memberikan kontribusi terhadap efektivitas manajerial pendidikan di lingkungan Madrasah Al-Musdariyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi dengan responden sebanyak 45 tenaga pendidik dan kependidikan. Teknik analisis data yang diterapkan meliputi uji validitas, uji realibiitas,uji analisis dekriptif statistik, analisis persial per indikator, uji normalitas, uji linearitas, Berdasarkan hasil pengujian secara statistik, bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan mengenai Rekrutmen peserta didik baru, hasil perhitungan yang di peroleh nilai rata-rata 4,29 termasuk pada rentang 4,20 – 5,00, maka indikator Rekutmen Peserta didik Baru dapat kategori Sangat Tinggi. Sedangkan mengenai Pengelolaan Pendidikan diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,30 dengan rentang 4,20- 5,00 maka dapat disimpulkan bahwa indikator Pengelolaan Pendidikan pada kategori Sangat Tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rekrutmen Peserta Didik Baru, Pengelolaan Pendidikan, Madrasah |
Subjects: | General Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Putri Barokah |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 07:04 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 07:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |