Rojali, Moch. Farhan (2025) Penerapan metode tikrar (Pengulangan) untuk meningkatkan hafalan Al-Quran siswa di Madrasah Ibtidaiyah Rohmaniyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (DAFRTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hafalan Al-Quran siswa kelas V MI Rohmaniyah pada Pelajaran Tahfidz. Hal ini dibuktikan dengan sebagian siswa yang masih belum mencapai KKM 75. Hal ini dikarenakan beberapa faktor salah satunya yaitu metode menghafal yang kurang efektif dan interaktif sehingga membuat siswa bosan dan kurangnya minat dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hafalan Al- Quran siswa dengan menerapkan metode Tikrar . Untuk menarik berminat siswa dalam meningkatkan hafalan Al-Quran secara optimal.Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods yaitu menggabungkan antara pendekatan penelitian kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode Penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui dua siklus pada setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah observasi, tes lisan dan dokumentasi. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif dan jenis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil, 1) Hafalan siswa sebelum menerapkan metode Tikrar memperoleh nilai rata-rata 55,6 dengan ketuntasan nilai klasikal sebesar 6% dengan kategori sangat kurang, 2) Hafalan Al-Quran siswa setelah menerapkan metode Tikrar terdapat peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata 73 dan ketuntasan klasikal sebesar 44% pada siklus I, dan semakin meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 82 dan ketuntasan klasikal sebesar 78%. Penelitian ini membuktikan bahwa metode Tikrar tidak hanya efektif meningkatkan kelancaran hafalan, tetapi juga mampu meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Tahfidz. Penerapan metode ini dapat menjadi alternatif inovatif bagi guru Tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah dalam mengatasi rendahnya motivasi dan pencapaian hafalan Al-Quran, khususnya di daerah dengan fasilitas pembelajaran terbatas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Tikrar dapat meningkatkan hafalan Al-Quran siswa pada Pelajaran Tahfidz di kelas V MI Rohmaniyah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tikrar; Hafalan Al-Quran; Penelitian Tindakan; Kelas Siswa MI |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya Elementary Education Elementary Education > Reading |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Moch. Farhan Rojali |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 01:43 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 01:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117080 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |