Nurfadilah, Alya (2025) Penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Question Card pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fikih: Penelitian terhadap siswa kelas VIII di MTs Husainiyah Cicalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (443kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih yang tercermin dari nilai tes yang belum maksimal. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai materi Fikih secara menyeluruh, yang dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang selama ini digunakan guru, yakni ceramah dan penugasan individu, sehingga kurang mampu mengakomodasi gaya belajar siswa yang beragam. Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Untuk Mengetahui Penerapan Model STAD Berbantuan Question Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih (2) Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa menggunakan model STAD berbantuan Question Card Pada Pembelajaran Fiqih Kelas VIII MTs Husainiyah (3) Untuk Mengetahui Pengaruh Model STAD Berbantuan Question Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Husainiyah. Menurut Slavin (2005), Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam kelompok yang heterogen, kemudian bekerja sama untuk memahami materi pelajaran dan saling membantu mencapai tujuan belajar bersama. Setelah belajar dalam kelompok, siswa akan mengikuti kuis secara individu untuk melihat sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa kelas VIII MTs Husainiyah yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes hasil belajar berupa pretest dan posttest, angket tanggapan siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu : (1) Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan Question Card pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII MTs Husainiyah telah terlaksana dengan baik, terlihat dari pelaksanaan pembelajaran yang melibatkan kerja kelompok dan penggunaan question card sebagai media pembelajaran. (2) Hasil belajar siswa setelah penerapan model STAD berbantuan question card mengalami peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 56,88 dan rata-rata nilai posttest sebesar 82,39. (3) Pengaruh penerapan model STAD berbantuan question card terhadap hasil belajar siswa terbukti signifikan, hal ini didukung oleh hasil uji Paired Sample T-Test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model STAD; Question Card; Pembelajaran Fikih; Hasil Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alya Nurfadilah |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 01:25 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 01:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |