Pengaruh penggunaan metode pembelajaran round robin brainstorming terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung

Hanifatussadiyah, Syiva (2025) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran round robin brainstorming terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_SkBebasPlagiarism.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_DaftarIsi.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
10_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif dalam Mata Pelajaran SKI masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan data yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa 43,30. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti menggunakan Metode Pembelajaran Round Robin Brainstorming. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan penerapan Metode Round Robin Brainstorming pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Miftahul Falah. 2) Mengetahui Pengaruh penggunaan metode Brainstorming terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas VIII MTs Miftahul Falah. Penelitian ini didasari bahwa teori metode pembelajaran round robin Brainstorming secara umum mempengaruhi hasil belajar. Metode round robin Brainstorming ini diasumsikan dapat mempengaruhi hasil belajar. Karena memiliki kelebihan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, serta menciptakan suasana belajar yang kolaboratif. Dengan demikian, penerapan metode ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment. Desain yang digunakan yaitu non-equivalent control group. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode round robin brainstorming dalam mata pelajaran SKI materi dinasti al-ayubiyyah di kelas VIII MTs Miftahul Falah berjalan baik berdasarkan hasil observasi dengan skor rata-rata 90% . Hal ini terlihat dari keterlibatan aktif siswa dalam memecahkan permasalahan pada materi Daulah Abbasiyyah. 2) Pengaruh penerapan metode Brainstoming terhadap hasil belajar kognitif siswa memperoleh skor hasil uji n-gain 0,68 nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar ; Siswa ; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syiva Hanifahtusa'diyah
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:10
Last Modified: 03 Sep 2025 02:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117275

Actions (login required)

View Item View Item