Rahayu, Sri (2025) Pengaruh penggunaan media sosial Tiktok terhadap Self-Disclosure generasi Z di era digital : Penelitian pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (503kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan media sosial, khususnya TikTok, mendorong generasi Z untuk lebih terbuka dalam membagikan informasi pribadi di ruang digital. Kondisi ini menimbulkan kecenderungan untuk melakukan self-disclosure secara berlebihan demi memperoleh perhatian atau validasi sosial, yang pada akhirnya dapat mengaburkan batasan antara privasi dan konsumsi publik. Peneliti sangat tertarik untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap self-disclosure mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2022 sebagai objek dalam penelitian ini. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh antara penggunaan media sosial TikTok terhadap self-disclosure generasi Z di era digital pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2022. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Modernitas dan Identitas Diri dari Anthony Giddens. Teori ini menjelaskan bahwa di era modernitas refleksif, identitas diri terus dibentuk melalui berbagai interaksi, termasuk di media sosial yang salah satunya pada platform TikTok. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Metode survei digunakan untuk mendapatkan data mengenai pendapat, dan hubungan variabel dari sampel yang diambil dari populasi tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna media sosial TikTok pada kalangan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2022 dengan sampel 99 responden yang telah dihitung menggunakan rumus Slovin. Pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik probability sampling berupa proportionate stratified random sampling. Mayoritas responden berusia 21 tahun dan 22 tahun. Penelitian ini menggunakan uji koefisien korelasi, di mana dihasilkan tingkat hubungan antara variabel X dan variabel Y berada dikategori kuat. Melalui uji regresi linear sederhana, dihasilkan bahwa ketika nilai penggunaan media sosial TikTok bertambah 1, maka nilai self-disclosure mahasiswa akan bertambah sebesar 0,614. Melalui uji koefisien determinasi, dihasilkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media sosial TikTok (X) terhadap self-disclosure (Y) sebesar 40,3% sedangkan sisanya sebesar 59,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Kemudian, melalui uji t, dihasilkan nilai t hitung yaitu sebesar 8,091. Hal ini berarti nilai t hitung (8,091) > t tabel (1,661) maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial TikTok terhadap self-disclosure generasi Z di era digital pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2022.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generasi Z; Mahasiswa; Media Sosial; Self-Disclosure; TikTok |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Process > Social Change |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Sri Rahayu |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:27 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |