Metode pembelajaran rolling question untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Rizqi, Aulia Fathir (2025) Metode pembelajaran rolling question untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam menghadapi permasalahan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataan di lapangan dan hasil studi internasional menunjukkan bahwa kemampuan tersebut masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan menganalisis efektivitas metode pembelajaran Rolling Question dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Ciruas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII H sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model Rolling Question terlaksana dengan sangat baik. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan metode Rolling Question lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Selain itu, pencapaian akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen juga lebih baik. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan model Rolling Question menunjukkan tanggapan yang positif, ditunjukkan oleh ketertarikan siswa dalam mengikuti setiap tahapan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematis; metode Rolling Question; respon siswa
Subjects: Education, Research
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Aulia Fathir Rizqi
Date Deposited: 03 Sep 2025 22:54
Last Modified: 03 Sep 2025 22:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117330

Actions (login required)

View Item View Item