Hudan, Labib Muzdad (2025) Penerapan metode talaqi untuk meningkatkan kemampuan hafalan siswa pada Juz 30: Penelitian QuasiEksperimen di Kelas XI MA Swasta Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
COVER.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Surat pernyataan keaslian karya sendiri[1].pdf Download (963kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas hafalan siswa pada juz 30. Rendahnya kualitas hafalan siswa disebabkan oleh banyak faktor dan salah satunya yaitu penerapan metode menghafal yang kurang efektif dan keterlibatan siswa yang kurang berpartisipasi dengan baik. Kualitas hafalan siswa dapat ditingkatkan dengan memperbaiki metode menghafal yang tepat. Salah satu metode menghafal yang tepat adalah metode Talaqi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) penerapan metode Talaqi untuk meningkatkan kemampuan hafalan siswa kelas XI MA Swasta Al- Jawami Cileunyi pada juz 30 (2) kemampuan hafalan siswa kelas XI MA Swasta Al-Jawami Cileunyi pada juz 30 dan (3) pengaruh penerapan metode Talaqi terhadap kemampuan hafalan siswa kelas XI MA Swasta Al-Jawami Cileunyi pada juz 30. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan hafalan siswa dipengaruhi banyak faktor, salah satunya penggunaan metode yang tepat yaitu metode Talaqi. Maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode Talaqi diduga dapat meningkatkan kemampuan hafalan siswa pada juz 30. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitaif dengan metode Quasi-Eksperimen dan desain Non-Equivalent Control Group Desain.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah pendekatan logistik untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif yaitu Uji N-Gain, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji t- independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode menghafal Talaqi secara signifikan. Hal ini dapat diketahui melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen yang meningkat dari 73,8% menjadi 90,8% untuk guru dan 70,8% menjadi 92,3% untuk siswa. Sedangkan pada kelas kontrol dari 72,3% menjadi 87,7% untuk guru dan 66,82% menjadi 78,5% untuk siswa. (2) Hasil dari post-test pada kelas eksperimen sebesar 58,67. Sedangkan pada kelas kontrol hasil dari post-test sebesar 55,67. (3) Hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. dari Pretest adalah 0,392. Nilai Sig. ini melebihi nilai 0,05, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan awal siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain itu, nilai Sig. dari Posttest adalah 0,000, kurang dari 0,05. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan hafalan juz 30 antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Talaqi; Kemampuan Hafalan Siswa; Juz 30 |
Subjects: | Islam > Recitation and Reading Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Labib Muzdad Hudan |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 02:54 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117390 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |