Pengaruh program supervisi akademik terhadap pengembangan kinerja guru di Madrasah Tsnawiyah Negeri 1 dan 2 Kota Bandung

Rahmah, Lulu Afina (2025) Pengaruh program supervisi akademik terhadap pengembangan kinerja guru di Madrasah Tsnawiyah Negeri 1 dan 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya supervisi akademik sebagai upaya peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah masih ditemukannya kendala dalam pelaksanaan supervisi akademik yang belum optimal memaksimalkan potensi guru di MTs Negeri 1 dan 2 Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan supervisi akademik, kinerja guru, dan untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru di kedua madrasah tersebut. Kerangka berpikir dalam penelitian ini didasarkan pada teori supervisi akademik (Yulia, 2021) yang mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut pembelajaran, serta teori kinerja guru (Supardi, 2016) yang mencakup aspek kemampuan guru meliputi penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, menjalin hubungan interpersonal, melaksanakan penilaian hasil belajar, serta melaksanakan program pengayaan dan remedial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil penyebaran angket dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari lima alternatif pilihan jawaban yang diberikan kepada 86 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, Supervisi Akademik yang diukur melalui 13 pernyataan dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 4,19 yang dikategorikan sebagai kategori tinggi dengan rentang interval 3,40-4,19. Kinerja Guru yang diukur melalui 13 pernyataan dengan nilai rata-rata sebesar 4,27 yang termasuk kategori sangat tinggi dengan rentang interval 4,20-5,00. Uji regresi linear sederhana mengungkapkan pengaruh positif dan signifikan antara supervisi akademik terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001 (lebih kecil dari 0,05) dan t-hitung sebesar 14,686 (lebih besar daripada t-tabel 1,989). Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,720 menunjukkan bahwa supervisi akademik memiliki nilai pengaruh kontribusi terhadap kinerja guru sebesar 72% sementara 28% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Berdasarkan temuan tersebut, direkomendasikan agar kepala madrasah meningkatnakan kualitas supervisi akademik secara berkelanjutan, guru memanfaatkannya sebagai sarana refleksi untuk pengembangan kompetensi, serta peneliti selanjutnya meneliti faktor lain yang memengaruhi kinerja guru seperti motivasi, kepemimpinan, dan budaya organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik; Kinerja Guru; Madrasah Tsanawiyah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lulu Afina Rahmah
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:06
Last Modified: 03 Sep 2025 06:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117397

Actions (login required)

View Item View Item