Salis, Lala (2025) Pembelajaran MASTER berbantuan aplikasi Cymath dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarsm.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
5_bab1.pdf Download (623kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 5)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran MASTER dan teknologi edukatif Cymath, mempersonalisasi pembelajaran adaptif secara mendalam dalam memecahkan masalah matematika dengan latihan berjenjang, serta umpan balik. Namun peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika non rutin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran MASTER berbantuan aplikasi Cymath. Metode penelitian quasi-eksperimental tipe desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII di SMP Swasta di kota Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji-t untuk menguji perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran MASTER berbantuan aplikasi Cymath memiliki peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih signifikan dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi Cymath; MASTER; kemampuan pemecahan masalah; kemandirian belajar siswa; |
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Salis Lala Salis |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 01:32 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 01:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |