Penerapan model pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik

Azzahra, Shafa Ismi (2025) Penerapan model pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan koneksi matematis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataan di lapangan kemampuan koneksi matematis peserta didik masih harus ditingkatkan lagi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R), dan (b) perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan model desain Non Equivalent Control Group Design. Sumber data diperoleh dari instrumen berupa observasi, pretest, dan posttest di kelas VIII SMP pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pretest dan posttest tersebut sudah dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Hasil dari penelitian ini yaitu model pembelajaran LOK-R terlaksana dengan sangat baik. Selain itu, didapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis yaitu peserta didik yang menerapkan model pembelajaran LOK-R meningkat lebih baik daripada peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional. Artinya model LOK-R dapat dianggap sebagai pendekatan yang berhasil dalam memperbaiki keterampilan koneksi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis; Konten Digital; LOK-R; Model Pembelajaran Literasi; Orientasi; Kolaborasi; dan Refleksi
Subjects: Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Shafa Ismi Azzahra
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:19
Last Modified: 08 Sep 2025 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117548

Actions (login required)

View Item View Item