Azzahra, Shafa Ismi (2025) Penerapan model pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (459kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan koneksi matematis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataan di lapangan kemampuan koneksi matematis peserta didik masih harus ditingkatkan lagi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R), dan (b) perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan model desain Non Equivalent Control Group Design. Sumber data diperoleh dari instrumen berupa observasi, pretest, dan posttest di kelas VIII SMP pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pretest dan posttest tersebut sudah dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Hasil dari penelitian ini yaitu model pembelajaran LOK-R terlaksana dengan sangat baik. Selain itu, didapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis yaitu peserta didik yang menerapkan model pembelajaran LOK-R meningkat lebih baik daripada peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional. Artinya model LOK-R dapat dianggap sebagai pendekatan yang berhasil dalam memperbaiki keterampilan koneksi matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematis; Konten Digital; LOK-R; Model Pembelajaran Literasi; Orientasi; Kolaborasi; dan Refleksi |
Subjects: | Elementary Education > Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Shafa Ismi Azzahra |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 02:19 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |