Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis

Diah, Rahmawati (2025) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod dan peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah diberi treatment model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI IPA 3 dengan jumlah 36 orang dan kelas IPA 4 dengan jumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi (LO), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan soal tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data mencakup analisis LO, LKPD dan tes KBK dengan perhitungan N-gain dan pengujian prosedur (uji normalitas, homogenitas, hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod berkategori sangat baik dengan persentase rata-rata guru sebesar 93% dan peserta didik sebesar 81%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai sebesar 0.000 dengan signifikansi < 0.05 menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima yang menandakan adanya perbedaan hasil keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod dengan model pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik pada materi fluida statis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Curipod; Fluida Statis; Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Secondary Education > Secondary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Diah Rahmawati
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:39
Last Modified: 04 Sep 2025 07:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117585

Actions (login required)

View Item View Item