Diah, Rahmawati (2025) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (440kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod dan peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah diberi treatment model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI IPA 3 dengan jumlah 36 orang dan kelas IPA 4 dengan jumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi (LO), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan soal tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data mencakup analisis LO, LKPD dan tes KBK dengan perhitungan N-gain dan pengujian prosedur (uji normalitas, homogenitas, hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod berkategori sangat baik dengan persentase rata-rata guru sebesar 93% dan peserta didik sebesar 81%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai sebesar 0.000 dengan signifikansi < 0.05 menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima yang menandakan adanya perbedaan hasil keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media curipod dengan model pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik pada materi fluida statis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Curipod; Fluida Statis; Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | Secondary Education > Secondary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Diah Rahmawati |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:39 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |