Penerapan model pembelajaran Generative Multi-Representation Learning (GMRL) berbantuan genially untuk meningkatan kemampuan berpikir aljabar dan self-confidence peserta didik

Leniawati, Rena (2025) Penerapan model pembelajaran Generative Multi-Representation Learning (GMRL) berbantuan genially untuk meningkatan kemampuan berpikir aljabar dan self-confidence peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (2).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir aljabar peserta didik yang teridentifikasi melalui studi pendahuluan di salah satu SMP di Kota Bandung. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Generative Multi-Representation Learning (GMRL) berbantuan aplikasi Genially. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir aljabar dan self-confidence peserta didik melalui model pembelajaran tersebut. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 56 Bandung menggunakan metode quasi experiment pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data terdiri dari instrumen tes yang telah melewati uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran, serta instrumen non-tes berupa lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta angket selfconfidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik dalam proses penerapan pembelajaran GMRL berbantuan Genially tergolong sangat baik, kemampuan berpikir aljabar di kelas eksperimen tergolong sedang, peningkatan kemampuan berpikir aljabar peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dan self-confidence peserta didik sesudah memperoleh model pembelajaran GMRL berbantuan Genially lebih tinggi dibandingkan dengan self-confidence peserta didik sebelum memperoleh model pembelajaran GMRL berbantuan Genially.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Generative Multi-Representation Learning (GMRL); Genially; Kemampuan Berpikir Aljabar; Self-Confidence
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: rena lenia wati
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:41
Last Modified: 04 Sep 2025 07:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117598

Actions (login required)

View Item View Item