Leniawati, Rena (2025) Penerapan model pembelajaran Generative Multi-Representation Learning (GMRL) berbantuan genially untuk meningkatan kemampuan berpikir aljabar dan self-confidence peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
COVER.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (2).pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III (2).pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV (2).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir aljabar peserta didik yang teridentifikasi melalui studi pendahuluan di salah satu SMP di Kota Bandung. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Generative Multi-Representation Learning (GMRL) berbantuan aplikasi Genially. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir aljabar dan self-confidence peserta didik melalui model pembelajaran tersebut. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 56 Bandung menggunakan metode quasi experiment pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data terdiri dari instrumen tes yang telah melewati uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran, serta instrumen non-tes berupa lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta angket selfconfidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik dalam proses penerapan pembelajaran GMRL berbantuan Genially tergolong sangat baik, kemampuan berpikir aljabar di kelas eksperimen tergolong sedang, peningkatan kemampuan berpikir aljabar peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dan self-confidence peserta didik sesudah memperoleh model pembelajaran GMRL berbantuan Genially lebih tinggi dibandingkan dengan self-confidence peserta didik sebelum memperoleh model pembelajaran GMRL berbantuan Genially.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generative Multi-Representation Learning (GMRL); Genially; Kemampuan Berpikir Aljabar; Self-Confidence |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | rena lenia wati |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:41 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |