Raihanuddin, Raihanuddin (2025) Penerapan model project based learning berbasis media powtoon untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_ cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_ skbebasplagiarism.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_ daftarisi.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (91kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_ bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_ bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung diperoleh informasi bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti tergolong rendah di duga penyebabnnya penggunaan model yang belum bervariasi. Peneliti tertarik untuk menerapkan model Project Based Learning berbasis media Powtoon Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning berbasis media Powtoon, pada mata pelajaran PAI Dan Budi Pekerti di Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning berbasis media Powtoon terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Hasil belajar kognitif siswa berdasarkan teori salah satu faktor yang mempengaruhi adalah penggunaan model pembelajaran. Model Project Based Learning Berbasis media Powtoon diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa karena memiliki kelebihan dalam memberikan pengalaman belajar berbasis proyek yang bermakna, sekaligus mendorong kreativitas dan pemahaman konsep siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain non-equivalent control group design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, tes , wawancara, dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas X 5 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model Project based learning berbasis media Powtoon dan X 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model Project Based Learning berbasis media Powtoon terlaksana dengan baik, berdasarkan pada hasil observasi sebesar 89.5%. (2) Pengaruh penerapan model Project Based Learning berbasis media Powtoon terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa berada pada kategori sedang dengan skor uji N. Gain sebesar 0,598. Peningkatannya signifikan berdasarkan hasil uji t nilai sebesar 0,000 < 0,05 dan Hₐ diterima
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Project Based Learning; Media Powtoon; Hasil Belajar Kognitif; |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Raihanuddin Raihanuddin |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 02:12 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |