Inovasi pelayanan publik pada aplikasi sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N LAPOR) di Dinas Pendidikan Kota Bandung

Taneo, Rudini (2025) Inovasi pelayanan publik pada aplikasi sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N LAPOR) di Dinas Pendidikan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi .pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I .pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

“Inovasi Pelayanan Publik Pada Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR) Di Dinas pendidikan Kota Bandung” Penelitian ini di latar belakangi didasarkan pada pentingnya pengelolaan pengaduan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelayanan publik, serta kebutuhan akan sistem yang responsif, transparan, dan terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan publik melalui penerapan aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR) di Dinas Pendidikan Kota Bandung.di bidang pelayanan serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Dalam menjawab rumusan masalah, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara,observasi dan dokumentasi.Teori yang di gunakan dalam menganalisis data adalah teori difusi inovasi dari Everett M. Rogers (2003) yang mencakup lim dimensi: keuntungan relatif (relative advantage), kesesuain (compatibility), kerumitan (complexity), kemungkinan dicoba (triability), dan kemudahan diamati (observability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SP4N LAPOR memberikan keuntungan relatif berupa peningkatan aksesibilitas dan efisiensi layanan pengaduan. Kesesuaian aplikasi ini dengan kebutuhan masyarakat cukup tinggi, namun masih ditemukan tantangan dalam pemahaman dan penggunaan aplikasi oleh masyarakat umum. Kompleksitas teknis dalam penggunaan aplikasi tergolong sedang, dan tingkat kemungkinan untuk dicoba cukup tinggi karena sifat aplikasinya yang user-friendly. Observabilitas aplikasi juga baik karena memungkinkan masyarakat memantau status aduannya secara real-time. Faktor pendukung inovasi ini meliputi komitmen pimpinan, dukungan teknologi, dan regulasi pemerintah. Adapun faktor penghambatnya meliputi kurangnya sosialisasi, keterbatasan literasi digital masyarakat, serta keterbatasan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan;SP4N LAPOR;Dinas Pendidikan Kota Bandung;
Subjects: Administration of The Physical Plant
Public Administration
Public Administration > General Publications of Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Agriculture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Taneo Rudini
Date Deposited: 08 Sep 2025 07:20
Last Modified: 08 Sep 2025 08:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117897

Actions (login required)

View Item View Item