Taneo, Rudini (2025) Inovasi pelayanan publik pada aplikasi sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N LAPOR) di Dinas Pendidikan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi .pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab I .pdf Download (324kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Bab II .pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
Bab III .pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Bab IV .pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
Bab V .pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka .pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
lampiran (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
“Inovasi Pelayanan Publik Pada Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR) Di Dinas pendidikan Kota Bandung” Penelitian ini di latar belakangi didasarkan pada pentingnya pengelolaan pengaduan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelayanan publik, serta kebutuhan akan sistem yang responsif, transparan, dan terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan publik melalui penerapan aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR) di Dinas Pendidikan Kota Bandung.di bidang pelayanan serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Dalam menjawab rumusan masalah, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara,observasi dan dokumentasi.Teori yang di gunakan dalam menganalisis data adalah teori difusi inovasi dari Everett M. Rogers (2003) yang mencakup lim dimensi: keuntungan relatif (relative advantage), kesesuain (compatibility), kerumitan (complexity), kemungkinan dicoba (triability), dan kemudahan diamati (observability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SP4N LAPOR memberikan keuntungan relatif berupa peningkatan aksesibilitas dan efisiensi layanan pengaduan. Kesesuaian aplikasi ini dengan kebutuhan masyarakat cukup tinggi, namun masih ditemukan tantangan dalam pemahaman dan penggunaan aplikasi oleh masyarakat umum. Kompleksitas teknis dalam penggunaan aplikasi tergolong sedang, dan tingkat kemungkinan untuk dicoba cukup tinggi karena sifat aplikasinya yang user-friendly. Observabilitas aplikasi juga baik karena memungkinkan masyarakat memantau status aduannya secara real-time. Faktor pendukung inovasi ini meliputi komitmen pimpinan, dukungan teknologi, dan regulasi pemerintah. Adapun faktor penghambatnya meliputi kurangnya sosialisasi, keterbatasan literasi digital masyarakat, serta keterbatasan sumber daya manusia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Pelayanan;SP4N LAPOR;Dinas Pendidikan Kota Bandung; |
Subjects: | Administration of The Physical Plant Public Administration Public Administration > General Publications of Public Administration Public Administration > Public Administration in Indonesia Administration of Economy Administration of Economy > Administration of Agriculture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Taneo Rudini |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:20 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 08:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117897 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |