Salsabila, Rizka (2025) Aktivitas kampanye humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung sebagai upaya mengedukasi masyarakat tentang berita Hoaks melalui Instagram. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_SK Bebas Plagiasi.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB 1.pdf Download (359kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB 4 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN (5).pdf Restricted to Repository staff only Download (996kB) |
Abstract
Penyebaran berita hoaks yang semakin marak, khususnya melalui media sosial, menjadi tantangan serius bagi pemerintah dalam menjaga literasi informasi masyarakat. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat agar lebih cermat dan kritis terhadap informasi yang diterima, upaya yang dilakukan melalui kampanye humas yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai bahaya hoaks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas kampanye humas yang dilakukan oleh Diskominfo Kota Bandung dalam mengedukasi masyarakat tentang berita hoaks, melalui konsep RACE yang dikemukakan oleh John Marston RACE terdiri atas empat elemen, yaitu research, action planning, communication, dan evaluation. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan paradigma konstruktivistik untuk memahami realitas sosial berdasarkan perspektif para pelaku di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas yang dilakukan oleh Diskominfo Kota Bandung melalui Instagram dilaksanakan secara terstruktur berdasarkan konsep RACE melalui empat tahap, yaitu: pertama Research, dilakukan dengan mengidentifikasi latar belakang dilakukan kampanye dan analisis masalah kampanye, kedua Action Planning difokuskan pada tujuan dan sasaran kampanye, pesan, strategi dan taktik kampanye serta jadwal posting dan target audiens kampanye, ketiga Communication, difokuskan pada manajemen proyek kampanye dan pengendalian mutu kampanye, dan keempat Evaluation difokuskan pada kriteria evaluasi kampanye dan alat evaluasi kampanye. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas kampanye humas melalui Instagram dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memverifikasi informasi sebelum disebarkan, sekaligus mendorong terbentuknya perilaku yang lebih kritis terhadap arus informasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kampanye humas; berita hoaks; model RACE; Diskominfo Kota Bandung. |
Subjects: | Use of Other Information Media Use of Other Information Media > Reading and Use of Other Information Media by Young People Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Rizka Salsabila |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:11 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 08:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |