Penerapan media audio visual berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian quasi-eksperiment di kelas VIII Koldun Siswa SMP Muhammadiyah 8 Kabupaten Bandung

Nurhidayat, Kharisma Pratama (2025) Penerapan media audio visual berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian quasi-eksperiment di kelas VIII Koldun Siswa SMP Muhammadiyah 8 Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bersifat abstrak dan kurang diminati, karena dominasi metode pembelajaran konvensional seperti ceramah. Hal ini mendorong perlunya inovasi media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Media audio visual berbasis aplikasi Canva dipilih sebagai solusi karena mampu menyajikan materi secara visual, dinamis, dan menyenangkan. Canva memberikan fleksibilitas bagi guru untuk menciptakan konten pembelajaran berbasis multimedia (teks, gambar, suara) yang diyakini dapat meningkatkan minat belajar serta pemahaman siswa terhadap materi PAI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pemahaman belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual berbasis Canva pada mata pelajaran PAI, 2) Pemahaman belajar siswa sesudah menggunakan media audio visual berbasis Canva, dan 3) Sejauh mana peningkatan pemahaman siswa terhadap materi setelah diterapkannya media audio visual berbasis Canva. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen dan desain nonequivalent control-group design. Hipotesis yang diajukan adalah: terdapat peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa setelah menggunakan media audio visual berbasis Canva dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test, observasi, serta dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media audio visual berbasis Canva dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan menarik, 2) Terdapat perbedaan signifikan hasil pemahaman antara kelas eksperimen dan kontrol, di mana nilai rata-rata post-test siswa di kelas eksperimen lebih tinggi, dan 3) Peningkatan pemahaman siswa pada kelas eksperimen tergolong tinggi (N-Gain = 0,68), sementara kelas kontrol berada pada kategori sedang (N-Gain = 0,43). Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikansi < 0,05, sehingga Ha diterima. Artinya, penerapan media audio visual berbasis aplikasi Canva efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual; Canva; Pemahaman Siswa; PAI
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kharisma Pratama Nurhidayat Nurhidayat
Date Deposited: 08 Sep 2025 06:03
Last Modified: 08 Sep 2025 06:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117919

Actions (login required)

View Item View Item