Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorsment, dan Online Customer Review terhadap Minat Beli pada parfum HMNS di Online Shop: Studi pada pengguna e-Commerce Shopee di Kota Bandung

Rahayu, Sri (2025) Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorsment, dan Online Customer Review terhadap Minat Beli pada parfum HMNS di Online Shop: Studi pada pengguna e-Commerce Shopee di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (SK BEBAS PLAGIASI)
3_skbebasplagiarism.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

E-commerce menjadi salah satu hasil dari kemajuan teknologi pada sektor bisnis serta menjadi awal dalam fenomena perubahan terhadap perilaku konsumen yang terhubung daring dan memanfaatkan berbagai sumber informasi sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Produk parfum merupakan salah satu jenis produk yang terkena dampak dari fenomena perubahan perilaku konsumen. Seiring dengan kemajuan tersebut,muncul fenomena blind buying, yaitu keputusan konsumen untuk membeli parfum tanpa mencobanya terlebih dahulu pada produk parfum memengaruhi minat beli parfum secara online. Beberapa produk parfum terkena dampak fenomena blind buying tersebut, salah satunya adalah parfum HMNS yang awalnya mendominasi pasar parfum lokal di Indonesia pada tahun 2021-2022, namun mengalami penurunan penjualan pada tahun 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi minat beli, khususnya melalui brand image produk, penggunaan celebrity endorsement dalam promosi, dan online customer review yang dibuat konsumen sebelumnya. Maka penelitian ini bertujuan khusus, yaitu untuk menganalisis pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap minat beli produk parfum HMNS di e-commerce Shopee pada penduduk Kota Bandung. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif ve dengan pendekatan verifikatif melalui penyebaran kuesioner pada 270 sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda melalui SPSS v.26. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand image secara signifikan berpengaruh terhadap minat beli sebesar 8,926 > t_tabel dan siginifikansi 0,000. Celebrity endorsement berpengaruh terhadap minat beli sebesar 6.984 > t_tabel dengan signifikansi 0,000, dan online customer review berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 3,308 > t_tabel dengan signifikansi 0,001. Hasil pengujian secara simultan antara brand image, celebrity endorsement, dan online customer review terhadap minat beli menunjukan hasil berpengaruh signifikan, dengan hasil uji F sebesar 108,789 > f_tabeldan signifikansi sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; Digital Marketing; Brand Image; Online Customer Review; Celebrity Endorsment; Minat Beli
Subjects: General Management
General Management > General Publications of Marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sri Rahayu
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:03
Last Modified: 09 Sep 2025 04:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117929

Actions (login required)

View Item View Item