Taufikulhakim, Dzakwanaufal Baariq (2025) Penerapan metode kolaboratif berbantuan media animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian quasi experiment di kelas 8 siswa SMP Negeri 3 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarisme (2) (2).pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftar isi.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab 1.pdf Download (107kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dzakwanaufal Baariq Taufikulhakim 1212020066. 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya di kelas 8 SMPN 3 Cileunyi yang memiliki jumlah siswa besar sehingga suasana belajar menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan metode kolaboratif yang dipadukan dengan media animasi sebagai upaya menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan metode kolaboratif berbantuan media animasi dalam pembelajaran PAI; (2) Mengetahui tingkat minat belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode tersebut; dan (3) Menganalisis pengaruh penggunaan metode kolaboratif berbantuan media animasi terhadap peningkatan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan metode kolaboratif dengan media animasi dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar yang diberikan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode kolaboratif berbantuan media animasi berjalan dengan baik dan mencapai keterlaksanaan 100%. Rata-rata skor minat belajar siswa di kelas eksperimen meningkat dari nilai pre-test sebesar 71,48 menjadi 89,20 pada post-test. Berdasarkan analisis N-Gain sebesar 0,5955, peningkatan minat belajar siswa berada pada kategori sedang. Dengan demikian, penerapan metode kolaboratif berbantuan media animasi terbukti cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas 8 SMPN 3 Cileunyi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Kolaboratif; Media Animasi; Minat Belajar |
Subjects: | Education Education > Ethical Education Education > Miscellany of Education Education > Statistic of Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | dzakwanaufal baariq taufikulhakim |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 01:01 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 01:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |