Penggunaan media Flashcard pengaruhnya terhadap aktivitas dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis : Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Ar-Rasyidiyah Cibiru Kota Bandung

Fauziah, Dea Arrova (2025) Penggunaan media Flashcard pengaruhnya terhadap aktivitas dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis : Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Ar-Rasyidiyah Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftar isi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab 1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat aktivitas dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis yang disebabkan oleh penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap aktivitas dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VIII MTs. Ar-Rasyidiyah Cibiru, Kota Bandung. Flashcard dipilih sebagai media pembelajaran karena memiliki keunggulan visual yang mampu meningkatkan daya ingat, keterlibatan siswa, dan pemahaman terhadap materi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes untuk mengukur pemahaman siswa dan angket aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan aktivitas dan pemahaman siswa. Dibuktikan dengan rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih besar mencapai 85,8 sedangkan kelas kontrol hanya 76,73. Jadi, siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan flashcard menunjukkan keaktifan yang lebih tinggi dan skor pemahaman yang lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan media tersebut. Dapat disimpulkan bahwa media flashcard efektif digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas aktivitas dan pemahaman siswa. Oleh karena itu, guru disarankan untuk memanfaatkan media visual interaktif seperti flashcard dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Flashcard; Aktivitas Belajar; Pemahaman Siswa; Al-Qur’an Hadis
Subjects: Hypotheses
Education > Statistic of Education
Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dea Arrova Fauziah
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:57
Last Modified: 09 Sep 2025 03:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117957

Actions (login required)

View Item View Item