Fauziah, Dea Arrova (2025) Penggunaan media Flashcard pengaruhnya terhadap aktivitas dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis : Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Ar-Rasyidiyah Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarisme.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftar isi.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab 1.pdf Download (434kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat aktivitas dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis yang disebabkan oleh penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap aktivitas dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VIII MTs. Ar-Rasyidiyah Cibiru, Kota Bandung. Flashcard dipilih sebagai media pembelajaran karena memiliki keunggulan visual yang mampu meningkatkan daya ingat, keterlibatan siswa, dan pemahaman terhadap materi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes untuk mengukur pemahaman siswa dan angket aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan aktivitas dan pemahaman siswa. Dibuktikan dengan rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih besar mencapai 85,8 sedangkan kelas kontrol hanya 76,73. Jadi, siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan flashcard menunjukkan keaktifan yang lebih tinggi dan skor pemahaman yang lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan media tersebut. Dapat disimpulkan bahwa media flashcard efektif digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas aktivitas dan pemahaman siswa. Oleh karena itu, guru disarankan untuk memanfaatkan media visual interaktif seperti flashcard dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Flashcard; Aktivitas Belajar; Pemahaman Siswa; Al-Qur’an Hadis |
Subjects: | Hypotheses Education > Statistic of Education Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dea Arrova Fauziah |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:57 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |