Ali, Rizna Fathya (2025) Pengelolaan Customer Relations di Kedai Kopi : Studi deskriptif kualitatif pada Kafe Lalana Social Space. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
![]() |
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis kafe yang tinggi menyebabkan diperlukannya kegiatan kehumasan yang diimplementasikan dalam pengelolaan customer relations. Di tengah persaingan bisnis kafe yang kompetitif, Lalana Social Space menerapkan pengelolaan customer relations sebagai upaya membangun, menjaga, dan memperkuat hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan. Pengelolaan customer relations menjadi aspek penting dalam menciptakan hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan customer relations yang dilakukan oleh Lalana Social Space dalam mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan mempertahankan pelanggan melalui konsep Customer Relationship Management yang dikemukakan oleh Kalakota dan Robinson. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yakni deskriptif kualitatif untuk menggambarkan pengelolaan customer relations di Lalana Social Space. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipasif pasif, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lalana Social Space telah melaksanakan pengelolaan customer relations yang terdiri dari tiga elemen. Pertama, Acquire (mendapatkan pelanggan baru) melalui penggunaan media sosial seperti Instagram dan WhatsApp, serta pemberian promo pada menu baru dan promo pada momen tertentu. Kedua, Enchance (meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang telah ada) melalui identifikasi preferensi pelanggan dalam merekomendasikan menu, pelayanan ramah dan responsif, serta respons cepat terhadap keluhan pelanggan. Ketiga, Retain (mempertahankan pelanggan) melalui penyediaan fasilitas keluhan atau saran seperti form kepuasan pelanggan, serta program loyalitas sistem membership.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relations; Customer Relationship Management; External Relations; Pelanggan; Lalana Social Space; Kedai Kopi |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Rizna Fathya |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 02:23 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 02:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |