Pengelolaan Customer Relations di Kedai Kopi : Studi deskriptif kualitatif pada Kafe Lalana Social Space

Ali, Rizna Fathya (2025) Pengelolaan Customer Relations di Kedai Kopi : Studi deskriptif kualitatif pada Kafe Lalana Social Space. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis kafe yang tinggi menyebabkan diperlukannya kegiatan kehumasan yang diimplementasikan dalam pengelolaan customer relations. Di tengah persaingan bisnis kafe yang kompetitif, Lalana Social Space menerapkan pengelolaan customer relations sebagai upaya membangun, menjaga, dan memperkuat hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan. Pengelolaan customer relations menjadi aspek penting dalam menciptakan hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan customer relations yang dilakukan oleh Lalana Social Space dalam mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan mempertahankan pelanggan melalui konsep Customer Relationship Management yang dikemukakan oleh Kalakota dan Robinson. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yakni deskriptif kualitatif untuk menggambarkan pengelolaan customer relations di Lalana Social Space. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipasif pasif, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lalana Social Space telah melaksanakan pengelolaan customer relations yang terdiri dari tiga elemen. Pertama, Acquire (mendapatkan pelanggan baru) melalui penggunaan media sosial seperti Instagram dan WhatsApp, serta pemberian promo pada menu baru dan promo pada momen tertentu. Kedua, Enchance (meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang telah ada) melalui identifikasi preferensi pelanggan dalam merekomendasikan menu, pelayanan ramah dan responsif, serta respons cepat terhadap keluhan pelanggan. Ketiga, Retain (mempertahankan pelanggan) melalui penyediaan fasilitas keluhan atau saran seperti form kepuasan pelanggan, serta program loyalitas sistem membership.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Customer Relations; Customer Relationship Management; External Relations; Pelanggan; Lalana Social Space; Kedai Kopi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rizna Fathya
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:23
Last Modified: 09 Sep 2025 02:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118187

Actions (login required)

View Item View Item