Assyahidah, Aisyah Diya (2025) Penggunaan media pembelajaran matematika berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (617kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan media berbasis Smart Apps Creator; (2) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; serta (3) minat belajar matematika siswa setelah menggunakan media berbasis Smart Apps Creator. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Bakti Nusantara 666 yang terdiri dari kelas VII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 siswa dan kelas VII A sebagai kelas kontrol sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen berada pada kategori baik sekali untuk aktivitas guru dengan rata-rata 86% dan kategori baik untuk aktivitas siswa dengan rata-rata 79%; (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen berada pada kategori sedang dengan rata-rata N-Gain = 0,40, sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori rendah dengan rata-rata N-Gain = 0,24 dengan perbedaan yang signifikan antara kedua kelas; (3) minat belajar siswa setelah menggunakan media Smart Apps Creator berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor = 66,09.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Smart Apps Creator; Pemahaman Konsep Matematis; Minat Belajar; |
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Aisyah Diya Assyahidah |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 02:42 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 02:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |