Penggunaan media pembelajaran matematika berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa

Assyahidah, Aisyah Diya (2025) Penggunaan media pembelajaran matematika berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan media berbasis Smart Apps Creator; (2) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; serta (3) minat belajar matematika siswa setelah menggunakan media berbasis Smart Apps Creator. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Bakti Nusantara 666 yang terdiri dari kelas VII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 siswa dan kelas VII A sebagai kelas kontrol sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen berada pada kategori baik sekali untuk aktivitas guru dengan rata-rata 86% dan kategori baik untuk aktivitas siswa dengan rata-rata 79%; (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen berada pada kategori sedang dengan rata-rata N-Gain = 0,40, sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori rendah dengan rata-rata N-Gain = 0,24 dengan perbedaan yang signifikan antara kedua kelas; (3) minat belajar siswa setelah menggunakan media Smart Apps Creator berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor = 66,09.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Smart Apps Creator; Pemahaman Konsep Matematis; Minat Belajar;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Aisyah Diya Assyahidah
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:42
Last Modified: 09 Sep 2025 02:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118227

Actions (login required)

View Item View Item