Lailasari, Erna (2025) Pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu Liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan proses Sains Siswa pada materi Inovasi Teknologi Biologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf - Cover Image Download (604kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf - Other Download (657kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (840kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan aspek penting dalam pembelajaran sains yang meliputi observasi, prediksi, eksperimen, analisis data, dan penyimpulan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh model Discovery based unity of science berbantu Liveworksheet pada keterampilan proses sains siswa pada materi inovasi teknologi biologi. Metode yang digunakan kuasi- eksperimen dengan desain non equivalent control group. Instrumen yang digunakan yakni tes keterampilan proses sains, lembar observasi guru dan siswa, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Discovery based unity of science (DBUS) berbantu Liveworksheet terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi inovasi teknologi biologi. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan persentase aktivitas guru dan siswa di kelas dengan model DBUS sebesar 90%. Peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas dengan model DBUS lebih tinggi dari kelas tanpa model DBUS, yakni dengan N-Gain 0,38 termasuk kategori kecil. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran DBUS berbantu liveworksheet terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi inovasi teknologi biologi. Pengaruh tersebut dilihat berdasarkan hasil analisis uji idependent sample t-test yang memperoleh nilai signifikan 0,000 <0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran DBUS berbantu liveworksheet terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi inovasi teknologi biologi dapat mengatasi pemasalahan guru mata pelajaran biologi ketika di kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery based unity of science (DBUS); Liveworksheet; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | Education Curricula Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Biology > Statistical Methods of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Erna Lailasari |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 04:00 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 04:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118309 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |