Pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu Liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan proses Sains Siswa pada materi Inovasi Teknologi Biologi

Lailasari, Erna (2025) Pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu Liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan proses Sains Siswa pada materi Inovasi Teknologi Biologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf - Cover Image

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf - Other

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan aspek penting dalam pembelajaran sains yang meliputi observasi, prediksi, eksperimen, analisis data, dan penyimpulan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh model Discovery based unity of science berbantu Liveworksheet pada keterampilan proses sains siswa pada materi inovasi teknologi biologi. Metode yang digunakan kuasi- eksperimen dengan desain non equivalent control group. Instrumen yang digunakan yakni tes keterampilan proses sains, lembar observasi guru dan siswa, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Discovery based unity of science (DBUS) berbantu Liveworksheet terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi inovasi teknologi biologi. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan persentase aktivitas guru dan siswa di kelas dengan model DBUS sebesar 90%. Peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas dengan model DBUS lebih tinggi dari kelas tanpa model DBUS, yakni dengan N-Gain 0,38 termasuk kategori kecil. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran DBUS berbantu liveworksheet terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi inovasi teknologi biologi. Pengaruh tersebut dilihat berdasarkan hasil analisis uji idependent sample t-test yang memperoleh nilai signifikan 0,000 <0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran DBUS berbantu liveworksheet terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi inovasi teknologi biologi dapat mengatasi pemasalahan guru mata pelajaran biologi ketika di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Discovery based unity of science (DBUS); Liveworksheet; Keterampilan Proses Sains
Subjects: Education
Curricula
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Biology > Statistical Methods of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Erna Lailasari
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:00
Last Modified: 09 Sep 2025 04:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118309

Actions (login required)

View Item View Item