Khairunnisa, Syifa Aisyah (2025) Perilaku Digital Minimalism pada siswa kelas 11 teknik a 2 SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf.pdf Download (118kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
Abstract
Digital Minimalism adalah filosofi penggunaan teknologi yang mendorong individu untuk secara selektif dan bijaksana untuk menghindari “distraksi digital” sambil memilih aktivitas digital yang dianggap penting dan bermanfaat. Konsep dari Digital Minimalism ini dimaksudkan tidak hanya mengurangi penggunaan teknologi, tetapi juga menggabungkan dunia digital dengan kehidupan nyata sehingga setiap individu dapat menggunakan teknologi untuk tujuan yang lebih penting dan produktif. Bagaimana Dampak Distraksi Digital seperti Media Sosial dan Aplikasi terhadap Konsentrasi Kinerja Akademik dan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI Teknik A2 SMA Negeri 1 Ciawi. Bagaimana Siswa kelas XI Teknik A2 mengetahui apa itu Digital Minimalism. Apakah penerapan Digital Minimalism oleh Siswa Kelas XI Teknik A2 Berdampak Positif terhadap Peningkatan Kualitas Belajar dan Interaksi Sosial Kelas XI Teknik A2. Teori Interaksionisme Simbolik adalah teori yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana interaksi sosial dan makna yang diberikan terhadap teknologi melalui komunikasi dan hubungan Siswa. Ini juga menjelaskan bagaimana transformasi dari interaksi tatap muka ke virtual dapat memengaruhi proses pembelajaran. Teori ini menyelidiki gangguan digital yang disebabkan oleh penggunaan media sosial dan aplikasi hiburan yang berlebihan, yang berdampak negatif pada interaksi sosial, prestasi akademik, dan konsentrasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana distraksi digital berdampak pada konsentrasi, kinerja akademik, dan kualitas interaksi sosial Siswa di kelas XI Teknik A2 SMA Negeri 1 Ciawi. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan tingkat pengetahuan dan pemahaman Siswa tentang Digital Minimalism sebagai strategi untuk mengelola penggunaan teknologi digital secara lebih bijak.Metode penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang menekankan pada analisis mendalam data lapangan. Dengan menggunakan metode ini, peneliti dapat mengumpulkan data secara langsung melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuannya adalah untuk menceritakan pengalaman, pandangan, dan strategi yang digunakan oleh Siswa kelas XI Teknik A2 dalam menghadapi "distraksi digital”. Penelitian ini melibatkan 38 Siswa dan satu wali kelas, serta 4 sampel utama untuk wawancara. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku Digital Minimalism dan bagaimana hal itu berdampak pada konsentrasi, prestasi akademik, dan interaksi sosial Siswa.Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Dampak dari adanya distraksi digital seperti media sosial dan aplikasi terhadap konsentrasi kinerja akademik dan interaksi sosial Siswa kelas XI Teknik A2 di SMA Negeri 1 Ciawi dialami oleh seluruh kalangan khususnya para pelajar. Alasannya, karena setiap individu pasti memiliki gadget pribadi. Siswa kelas XI Teknik A2 belum mengetahui istilah Digital Minimalism. Namun, sudah menerapkan konsep gaya hidup minimalis di dalam dunia digital. Penerapan Digital Minimalism oleh Siswa Kelas XI Teknik A2 berdampak positif terhadap peningkatan kualitas belajar dan interaksi sosial setelah beberapa Siswa menyadari dan mulai membagikan gaya hidup digital minimalis salah satunya materi adab dalam bermedia sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Minimalism; Distraksi Digital; Pendidikan; Sekolah; Siswa |
Subjects: | Ethical Systems Ethics of Consumption |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Syifa Aisyah Khairunnisa |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:34 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |