Pengaruh model pembelajaran Awareness Training terhadap peningkatan literasi lingkungan siswa SMA pada materi pencemaran lingkungan terintegrasi Al-Qur'an dan Hadits

Fadilah, Widayanti Nurul (2025) Pengaruh model pembelajaran Awareness Training terhadap peningkatan literasi lingkungan siswa SMA pada materi pencemaran lingkungan terintegrasi Al-Qur'an dan Hadits. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan literasi lingkungan berperan penting pada pembelajaran abad ke-21 ini. Upaya yang dapat dilakukan untuk melatih literasi lingkungan siswa adalah dengan menciptakan proses pembelajaran yang dapat menyadarkan siswa akan pentingnya literasi lingkungan demi mencipatkan sikap dan perilaku yang ramah lingkungan, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran awareness training (pelatihan kesadaran). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Awareness Training terhadap peningkatan literasi lingkungan siswa SMA pada materi pencemaran lingkungan terintegrasi al-qur’an dan hadits. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas pembelajaran memperoleh kategori sangat baik, dengan rata-rata presentase kinerja guru sebesar 96% dan aktivitas siswa sebesar 90%. Hasil literasi lingkungan siswa kelas eksperimen memperoleh N-Gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan Sig. 2-tailed (0,000) < Ttabel 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil rata-rata respon siswa memperoleh kategori sangat baik dengan presentase sebesar 84,5%. Berdasarkan data hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran awareness training berpengaruh positif terhadap literasi lingkungan siswa pada materi pencemaran lingkungan terintegrasi al-qur’an dna hadits.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi lingkungan; Awareness Training; Pencemaran Lingkungan Terintegrasi Al-Qur'an dan Hadits
Subjects: Islam > Islam and Natural Science
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Environmental Protection Engineering
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Widayanti Nurul Fadilah
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:27
Last Modified: 10 Sep 2025 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118467

Actions (login required)

View Item View Item