Penerapan model pembelajaran inkuiri tipe silver group untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis: Penelitian pre eksperimental di kelas X Mia 5 SMAN 3 Sumedang

Cahyati, Desy Fauziah (2017) Penerapan model pembelajaran inkuiri tipe silver group untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis: Penelitian pre eksperimental di kelas X Mia 5 SMAN 3 Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis perlu dikuasai siswa karena dapat membantu siswa dalam mengambil keputusan yang bijaksana dalam kehidupan sehari-hari. Hasil observasi yang dilakukan di SMAN 3 Sumedang kelas XI MIA, menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu berbasis teacher center dan berbasis kelas. Salah satu alternatif model pembelajaran yang mendorong siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dengan memberikan pengalaman belajar langsung sehingga keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilatih dan dikembangkan dengan menerapkan model inkuiri tipe Silver Group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri tipe Silver Group dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIA 5 SMAN 3 Sumedang dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa data keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan serta data keterampilan berpikir kritis siswa berbentuk uraian sebanyak 12 soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlaksanaan model inkuiri tipe Silver Group setiap pertemuannya dengan rata-rata 89% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata tes awal siswa sebesar 39 meningkat pada saat tes akhir siswa sebesar 62 dengan besar normal indeks gain 0,38. Hasil perhitungan dengan uji t menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkannya model inkuiri tipe Silver Group dengan thitung (13,41) > ttabel (2,03). Demikian model pembelajaran inkuiri tipe Silver Group dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Silver Group; Keterampilan Berpikir kritis; Fluida Statis
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Desy Fauziah Cahyati
Date Deposited: 27 Jul 2018 07:07
Last Modified: 13 Nov 2018 03:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11865

Actions (login required)

View Item View Item